Mendag: Satgas Kawal Upaya Jaga Pasokan

Mendag: Satgas Kawal Upaya Jaga Pasokan
 Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito (istimewa)
 06 April 2018 07:33:59 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan satuan tugas pangan akan mengawal upaya menjaga pasokan dan harga kebutuhan pokok hingga menjelang Ramadhan dan Lebaran 2018.

"Kami dikawal oleh Satgas Pangan sehingga pasokan semua kebutuhan pokok tidak ada persoalan termasuk minyak goreng, semua clear, " kata Enggartiasto di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis kemarin (5/4/2018). 

Dengan berbagai persiapan, ia tidak khawatir pasokan akan kurang sehingga harga akan melonjak.

Menurut dia, pada awal bulan atau pertengahan bulan, tim Kemendag akan berada di daerah bersama dengan personel dari dinas terkait pemerintah setempat.

"Hampir 15 staf seperti tahun yang lalu, turun ke lapangan untuk mengecek persediaan barang dan harga, bahkan setiap hari ditongkrongin," katanya.

Menurut dia, jika terjadi kenaikan harga, tim di lapangan akan mencari informasi terjadi kenaikan harga.

"Kalau barangnya tidak ada, akan kami kirim," katanya.

Khusus untuk beras, Mendag sudah meminta adanya pendistribusian ke daerah daerah.

"Pertengahan bulan April seluruh pedagang beras di pasar tradisional wajib menjual beras medium dengan harga eceran tertinggi," katanya.

Ia meminta jika tidak ada pasokan beras segera dilaporkan kepada pihaknya.

"Kalau tidak ada pasokan barangnya, kami siapkan melalui Bulog.

"Jadi tidak ada alasan tidak ada barang, kalau dia tidak mau jual, kita colek, mau gak dipanggil ke polsek seharian," katanya sambil bercanda.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta persiapan memasuki bulan Ramadhan 1439 Hijriah dan menghadapi Lebaran 2018 agar lebih baik dibanding tahun tahun sebelumnya. Presiden mengingatkan mengenai ketersediaan pasokan dan stabilitas harga kebutuhan pokok agar betul betul mulai dihitung dari sekarang.

"Harus dihitung mana yang harus mulai disiapkan saat ini maupun nanti mendekati bulan Ramadhan yang berkaitan dengan kebutuhan pokok," katanya.

Jokowi juga mengingatkan Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Pertamina untuk melakukan perhitungan berkaitan dengan penyediaan BBM. Presiden juga menyinggung persiapan sarana dan prasarana transportasi, percepatan pembangunan dan perbaikan jalan, jembatan, terutama yang berkaitan dengan jalur jalur mudik.

"Kemudian yang berkaitan dengan sisi keamanan dan saya perintahkan Saudara Kapolri dibantu TNI dan BIN untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban," katanya.

Menurut Kepala Negara, keamanan dan ketertiban harus dijaga selama bulan Ramadhan agar umat Islam bisa menjalankan ibadah dengan tenang.

(antara)