Mabes TNI Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Mabes TNI Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila
 (Dok. Puspen)
 01 Juni 2018 16:03:32 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Markas Besar Tentara Nasional Indonesia menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang diikuti oleh ribuan prajurit dan PNS TNI, dengan Inspektur Upacara Perwira Sahli Tk III. Bidang Intekmil dan Siber Panglima TNI Mayjen TNI Teguh Arief Indramoko, bertempat di Lapangan Apel Gedung B-3, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (1/6/2018).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya yang dibacakan Mayjen TNI Teguh Arief Indramoko menyampaikan, selama 73 tahun Pancasila sudah menjadi bintang pemandu bangsa Indonesia. Selama 73 tahun, Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya.

"Selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Insya Allah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia," katanya.

"Sungguh Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita, melalui perenungan, pergulatan, pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia."

Presiden RI menjelaskan bahwa para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaaan.

Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

"Rangkaian proses besar tersebut harus selalu kita ingat, kita dalami semangatnya dan kita pahami rohnya. Adalah tugas dan tanggung jawab kita untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita. Pada peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun 2018 ini, kita harus meneguhkan semangat kita untuk bersatu, berbagi dan berprestasi," ujar Presiden Jokowi.

Presiden ingin mengajak para ulama dan tokoh agama, para guru dan ustad, para politisi dan jajaran aparat pemerintahan, para anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian kita.

"Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya," katanya.

(wem)