Lahan Tambak Harus Dibuatkan Sertifikat

Lahan Tambak Harus Dibuatkan Sertifikat
 (*)
 06 Oktober 2017 15:06:37 wib
Share :

Kabar7, Bulungan - Agar tidak bermasalah atau menghindari sengketa lahan, tanah masyarakat yang difungsikan sebagai tambak harus segera dibuatkan sertifikat.

Hal ini diucapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya saat acara penyerahan sertifikat tanah di halaman Kantor Bupati Bulungan, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, Jumat (6/10/2017).

"Agar tambak-tambak rakyat yang ada di Kalimantan Utara itu segera disertifikatkan. Tambak-tambak milik rakyat ini yang harus segera disertifikatkan," kata Presiden Jokowi yang kembali membagikan sertifikan tanah kepada warga. Kali ini Jokowi membagikan 1.422 sertifikat untuk rakyat Kalimantan Utara.

Tak hanya tambak, tapi lahan pertanian, tempat ibadah, hingga tempat tinggal harus dibuatkan sertifikat. Pasalnya Jokowi bercerita, setiap suatu tempat peraoalan yang sering dia jumpai yakni sengketa lahan.

"Setiap saya pergi ke provinsi manapun keluhannya adalah masalah sengketa lahan, sengketa tanah. Karena apa? Rakyat tidak pegang yang namanya sertifikat. Ini (sertifikat) adalah tanda bukti hak hukum atas tanah," kata Jokowi, dikutip dari Setkab.

Sementara Jokowi ke Kalimantan Utara dalam rangka kunjungan kerja. Ia didampingi oleh Ibu Negera Iriana Joko Widodo, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki dan Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie.

(**)