KPK Resmikan Fungsi Rutan di Gedung Merah Putih

KPK Resmikan Fungsi Rutan di Gedung Merah Putih
 (*)
 06 Oktober 2017 14:14:27 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi meresmikan Rumah Tahanan (Rutan) untuk difungsikan. Rutan ini berada di area gedung Merah Putih, sebutan kantor KPK, Jakarta, Jumat (6/10/2017).

Ketua KPK Agus Rahardjo, mengatakan sore nanti pihaknya akan memindahkan para tahanan yabg berada di Rutan cabang gedung lama KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, ke Rutan yang baru.

"Tahan dari C1 nanti dipindahkan kesini. Nanti sore mudah-mudahan dipindahkan semua yang dari C1‎ kesini," ucap Agus, dikutip dari Tribunnews.

Andaikan Rutan baru ini tak dapat menampung tahanan tersebut, Agus menuturkan kalau pihaknya masih memiliki tempat penitipan tahanan lain, seperti Rutan di Pomdam Jaya Guntur, Salemba, Cipinang, Polres Jakarta Selatan, dan Polres Jakarta Pusat.

"Jadi kalau over (kapasitas) kami masih kerjasama dengan tempat lain. Jadi kita masih kerjasama dengan (Rutan) Guntur, Cipinang, Salemba, Polres Jaksel dan Polres Jakpus," katanya.

Untuk diketahui, ada sebanyak 11 tahanan yang akan dipindahkan dari Rutan C1 ke Rutan baru di gedung Merah Putih.

Tahana terdiri wanita yakni Wali Kota Tegal non-aktif, Siti Masitha Soeparno; ‎Anggota DPR, Miryam S Haryani; Hakim Pengadilan Tipikor Bengkulu non-aktif, Dewi Suryana; PNS, Syuhadatul Islamy; dan Sekretaris CV Sumber Laut Perkasa, Ng Fenny.

Kemudian tahanan yang pria ialah, pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong; Auditor BPK, Rochmadi Saptogiri; Panitera Pengganti PN Bengkulu, Hendra Kurniawan; Direktur Utama PT Aqumarine Divindo Inspection, Yunus Nafik; Wali Kota Cilegon, Tubagus Iman Ariyadi; dan Sujendi Tarsono.

(**)