Kompetisi Global Antar Negara Jadi Ancaman Indonesia

Kompetisi Global Antar Negara Jadi Ancaman Indonesia
 Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo (dok. Puspen TNI)
 10 Oktober 2017 11:06:27 wib
Share :

Kabar7, Semarang - Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, mengatakan ancaman nyata bangsa Indonesia adalah kompetisi global antar negara. Salah satunya yaitu kompetisi antar manusia dalam bentuk migrasi lintas negara untuk mencari kehidupan yang lebih baik.

"Ini menjadi suatu peringatan dan harus kita waspadai, karena Indonesia sebagai salah satu negara ekuator yang kaya akan sumber daya alam," kata Gatot di Semarang, Jawa Tengah, Senin (9/10/2017) kemarin.

Menurut Gatot, konflik antar negara di seluruh dunia saat ini sejatinya dilatarbelakangi oleh perebutan energi dan pangan.

"Kedepan, konflik di dunia akan bergeser ke daerah ekuator salah satunya Indonesia," ucapnya.

Ia mengingatkan kembali kata Presiden Sukarno yang menyebutkan kekayaan alam Indonesia akan membuat iri negara-negara lain di dunia. Lalu Gatot juga mengingatkan kata Presiden Joko Widodo (Jokowi), bahwa kaya akan sumber daya alam justru akan menjadi petaka.

Memandang dua pernyataan Presiden Indonesia itu, Pangliman TNI menghimbau untuk mewaspadai cara-cara negara lain yang coba mengambil umber daya alam Indonesia.

Tentunya negara lain itu tidak mungkin mengunakan senjata untuk merampas kekayaan alam ini. Sebab Indonesia terlalu kuat untuk dilawan dengan senajat.

Melainkan nagera lain akan menggunakan cara proxy war agar mampu menguasai sumber daya alam bangsa ini. Jadi negara-negara tersebut akan menggunakan orang Indonesia sendiri untuk menggerogoti kekayaan alamnya yang hasilnya untuk mereka.

(wem)