KKP Berikan Ratusan Alat Ramah Linkungan ke Nelayan

KKP Berikan Ratusan Alat Ramah Linkungan ke Nelayan
 (*)
 22 September 2017 12:13:28 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Nelayan Pantai Utara (Pantura) di Jawa Tengah (Jateng) mendapat 690 paket bantuan alat penangkapan ikan ramah lingkungan yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang membagikan langsung alat bantu tersebut. Adapun alat itu berupa jaring insang (gillnet milenium) permukaan, jaring insang (gillnet milenium) dasar, dan bubu lipat rajungan tipe kubah.

"Pemerintah hadir dalam memberikan solusi penggantian alat tangkap yang tidak ramah lingkungan," ujar Susi, Jumat (22/9/2017), dikutip dari Tribunnews.

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Sjarief Widjaja, mengatakan nelayan yang diberikan alat ramah lingkungan ini hanya nelayan yang memiliki kapal dengan ukuran di bawah 10 GT.

"Selain itu syaratnya juga harus memiliki kartu nelayan dan tergabung dalam koperasi yang sudah memiliki sertifikat nomor induk koperasi," kata Sjarief.

Terang Sjarief, bantuan ini merupakan program prioritas DJPT yang diharapkan dapat memperkuat armada perikanan tangkap nasional, menambahkan produktifitas penangkapan ikan, hingg meningkatnya kesejaterahan nelayan.

"Kita buka juga gerai permodalan yang bekerja sama dengan perbankan untuk fasilitasi nelayan alih alat penangkapan ikan yang lebih ramah lingkungan," pungkasnya.

(**)