KEMENPAR OPTIMALKAN KULINER NUSANTARA SEBAGAI ALAT PROMOSI WISATA

KEMENPAR OPTIMALKAN KULINER NUSANTARA SEBAGAI ALAT PROMOSI WISATA
 ilustrasi (istimewa)
 03 April 2017 11:15:18 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Kuliner Nusantara terus dioptimalkan sebagai alat promosi pariwisata Indonesia. Khususnya kuliner diperdayakan guna menarik wisatawan mancanegara berkunjung ke tanah air.

"Kuliner efektif sebagai sarana promosi. Selain juga bahwa kuliner bisa menjadi pintu masuk yang bagus untuk pariwisata," kata Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata (Kemenpar) I Gde Pitana di Jakarta, Senin (3/4/2017).

Untuk mencapai tujuan tersebut, Pitana menuturkan, pihaknya telah membentuk tim khusus yaitu Tim Percepatan Kuliner Indonesia.

Kuliner ini dipilih menjadi alat promosi karena memiliki keragaman dan potensi besar yang dapat memikat wisatawan berlibur ke Indoensia.

"Indonesia potensial menjadi negara pusat kuliner karena mempertimbangkan berbagai potensi kuliner sekaligus bahan baku yang kita miliki di seluruh pelosok nusantara," katanya.

Di samping itu, untuk memperkenalkan kuliner Nusantara ke mancanegera, beberapa restoran pun telah dibuka diberbagai negara, di antaranya yakni China hingga Swiss.

Untuk di China sendiri, kata Pitana, Kemenpar menargetkan 10 restoran Indonesia di berbagai wilayah.

"Dua di antaranya sudah dibuka di Anhui dan terbaru di Hotel Peony Plaza Luoyang, Restoran Wonderful Indonesia Bali," katanya.

Sementara, Kemenpar juga mempersiapkan koki-koki handal yang terlebih dahulu dilatih oleh Tim Percepatan Kuliner guna ditempatkan di restoran Indonesia di berbagai negara.

Dengan demikian, koki tersebut diharapkan dapat menyajikan kuliner Nusantara yang dapat menggoda wisatawan untuk berkunjung ke tempat asal kuliner tersebut.

(Antara)