KEMENDAGRI MINTA JAJARAN KESBANGPOL TINGKATKAN DISIPLIN

KEMENDAGRI MINTA JAJARAN KESBANGPOL TINGKATKAN DISIPLIN
 (dok. Kemendagri)
 22 Maret 2017 13:51:15 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Jajaran Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) harus meningkatkan kedisiplinan. Karena, hal itu merupakan modal dasar dari semua kegiatan yang menjadi tanggung jawab Kesbangpol.

"Disiplin perorangan, kemudian disiplin di tingkat daerah akan mencapai kedisiplinan secara nasional," ujar Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Dirjen Polpum) Kemendagri Soedarmo dalam Sosialisasi Peraturan Perundang-Undang bidang Keormasan, di kantor Kemendagri, dikutip dari laman Kemendagri, Rabu (22/3/2017).

Katanya, Kesbangpol di daerah memiliki peran penting dalam menjadi barometer. Ia juga mengatakan Kesbangpol juga bertanggung jawab untuk menjaga ideologi negara hingga penyelesaian konflik di daerah masing-masing.

"Tugasnya ideologi sanpai ke pertahanan keamanan, di persoalan-persoalan yang mengarah pada konflik, ini para rekan-rekan khususnya di kesbangpol untuk jadi perhatian," ujarnya.

Selain itu, Kesbangpol juga memiliki peran penting dalam menyelesaikan konflik di antaranya persoalan di Pilkada dan konflik perbatasan yang berkaitan dengan batas-batas wilayah daerah.

"Soal pilkada, memang substansinya tanggung jawab bagian otonomi daerah, tetapi efek dari pada pilkada, artinya bahwa konflik-konflik yang diakibatkan oleh pilkada ini tugasnya kesbangpol, begitu juga dengan pengawasan konflik di perbatasan,begitu juga kesepakatan dalam menyelesaikan batas-batas provinsi a dengan b," ungkap Soedarmo.

Dengan demikian, Soedarmo berharap pentingnya kedisiplinan dalam mengelola pemerintahan. Ia mengatakan kegiatan kesbangpol bisa menjadi barometer atau contoh hingga memiliki warna atau ciri khas dari SKPD lain.

(hd)