Kemajuan Teknologi Rubah Budaya Kerja Secara Komputerisasi

Kemajuan Teknologi Rubah Budaya Kerja Secara Komputerisasi
 (Dok. Puspen)
 19 April 2018 22:20:03 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Kemajuan yang telah dicapai manusia dalam bidang teknologi telah memudahkan dalam mengerjakan tugas menjadi lebih cepat dan lebih baik. Kemajuan teknologi akan merubah budaya kerja dari budaya konvensional menjadi budaya kerja secara komputerisasi berbasis teknologi informasi.

Hal tersebut disampaikan Asisiten Logistik (Aslog) Panglima TNI Laksda TNI Bambang Nariyono dalam sambutannya pada acara sosialisasi aplikasi web Sistem Informasi Alokasi dan Pemesanan Produk (SIAPP) Bahan Bakar Minyak dan Pelumas (BBMP) TNI, bertempat di Babek TNI, Jakarta Timur, Rabu (18/4).

Menurut Aslog Panglima TNI, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi dewasa ini telah berdampak pada perubahan-perubahan mendasar yang membawa bangsa Indonesia menuju paradigma baru memasuki era teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

TIK tersebut diarahkan pada ketersediaan jaringan informasi dan data dalam rangka optimalisasi pelayanan yang cepat, profesional, transparan dan lebih mudah merupakan harapan dari pemerintah, katanya dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis (19/4/2018).

"Berkaitan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tersebut, diperlukan suatu aplikasi SIAPP secara real time, sehingga penyaluran BBMP dapat dimonitor dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan," ujar Aslog Panglima TNI.

Dia juga mengatakan pelaksanaan sosialisasi tersebut, sebagai langkah awal dalam rangka pemahaman tentang tata cara proses penginputan alokasi dan pemesanan di dalam sistem aplikasi.

Selanjutnya, kata dia, di masa yang akan datang akan dilaksanakan evaluasi di seluruh wilayah Indonesia yang akan dibagi menjadi tiga zona daerah, yaitu zona barat, tengah dan timur.

"Dengan kegiatan ini diharapkan personel pengelola BBMP di setiap satuan pemakai unit organisasi angkatan, segera dapat mengaplikasikan sistem ini sehingga proses penginputan dan penyajian data tagihan atau debet nota dapat lebih cepat dan akurat," tutur Aslog Panglima TNI.

Dia menyampaikan, uji coba SIAPP BBMP TNI oleh pihak PT Pertamina akan dilaksanakan secara bertahap mulai pada Triwulan III TA 2018. Dan sebagai pilot project pada Triwulan II TA 2018 di region/MOR III Jakarta.

"Hal ini merupakan upaya terobosan dalam rangka mempercepat proses sosialisasi aplikasi web TNI. Saya sampaikan kepada seluruh para peserta sosialisasi SIAPP BBMP di lingkungan TNI/Kemhan agar selalu pelajari dan pahami prosedur dan tata cara aplikasi web SIAPP BBMP TNI, untuk meningkatkan kemampuan personel pengelola BBMP agar dapat melaksanakan tugas secara profesional," pungkasnya.

(deva)