Kejari Bangka Barat Sosialisasikan Zona Integritas Bebas KKN

Kejari Bangka Barat Sosialisasikan Zona Integritas Bebas KKN
 Logo Kejaksaan (istimewa)
 20 Februari 2019 12:14:35 wib
Share :

Kabar7, Muntok - Kejaksaan Negeri Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan sosialisasi zona integritas untuk mewujudkan wilayah bebas korupsi.

"Sosialisasi zona integritas diberikan kepada pejabat instansi pemerintah daerah, ini merupakan suatu komitmen dalam upaya mewujudkan wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani," kata Kepala Kejari Kabupaten Bangka Barat, Neva Sari di Muntok, Selasa (19/2/2019).

Melalui upaya tersebut diharapkan proses reformasi birokrasi berjalan sesuai yang diharapkan, khususnya dalam pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Menurut dia, pencanangan zona integritas merupakan salah satu program dari reformasi birokrasi di wilayah kejaksaan negeri di seluruh Indonesia, sejalan dengan komitmen Kejaksaan Negeri Bangka Barat dalam membantu membangun institusi di bidang penegakan hukum yang bersih dari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme.

"Pemberantasan korupsi yang efektif bukanlah dengan cara penindakan, akan tetapi pencegahan," katanya.

Pola pencegahan yang dilakukan yaitu dengan mengubah pola pikir dan tindakan nyata dengan penuh komitmen untuk tidak melakukan penyimpangan dari aturan yang sudah ada.

Ia menambahkan, hukum merupakan salah satu alat pembangunan, untuk itu penegakan hukum harus bersih dari segala praktik korupsi sehingga dapat mencapai pembangunan maksimal dan menyeluruh.

Dalam pembangunan integritas di lingkungan Kejaksaan Negeri Bangka Barat yang bebas korupsi, pihaknya akan terus berupaya melakukan pencegahan, reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan.

"Kami akan terus melakukan sinergisitas dengan pemkab dan instansi vertikal lainnya agar bisa memberikan pelayanan terbaik dalam penegakkan hukum," katanya.

Pada kegiatan tersebut, Plt Bupati Bangka Barat, Markus menyatakan, pemkab setempat memberikan apresiasi positif atas terlaksananya kegiatan itu dan akan terus mendukung pola-pola pencegahan yang dilakukan Kejari Bangka Barat.

"Pola sosialisasi itu akan memberikan dampak positif di lingkungan pemkab dan masyarakat yang diharapkan akan memberi kemajuan daerah dan meningkatnya pelayanan publik," katanya.

(antara)