Kejagung Periksa Saksi Terkait Korupsi Dermaga Kaimana

Kejagung Periksa Saksi Terkait Korupsi Dermaga Kaimana
 Gedung Kejaksaan Agung (dok. kabar7)
 25 Agustus 2017 10:35:06 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Sekretaris Panitia Lelang Pembangunan Dermaga Kaimana Tahun Anggaran 2010-2012, Agus Sumarwoto, diperiksa penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung).

Pemeriksaan ini berkaitan dengan kasus dugaan korupsi pengembangan fasilitas pelabuhan laut atau dermaga Kaimana.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, M Rum menerangkan, Agus diperiksa sebagai saksi. Yang bersangkutan datang memenuhi panggilan penyidik Kamis (24/8/2017) kemarin.

"Pemeriksaan pada pokoknya menerangkan mengenai proses pengadaan lelang pembangunan Dermaga Kaimana Tahun Anggaran 2010-2012 yang dimenangkan oleh rekanan yang sama yaitu PT. Sakura Permai Jaya," jelas Rum di kantornya, Jakarta.

Untuk diketahui, dugaan korupsi ini terendus Kejagung karena dalam pengembangan fasilitas dermaga tersebut tak sesuai dengan perencanaan.

Adapun hal yang tak sesuai yakni pelaksanaan penanaman tiang pancang yang seharusnya sedalam 40 meter, tapi nyatanya hanya 26 – 30 meter saja. Akibatnya, kapal tidak bisa menepi untuk bersandar di dermaga tersebut.

Sementara dalam pengembangan kasus ini, pihak penyidik kejaksaan telah melakukan pemeriksaan terhadap saksi sebanyak 31 orang.

(wem)