Kejagung dan BNPT Sepakat Berantas Aksi Terorisme

Kejagung dan BNPT Sepakat Berantas Aksi Terorisme
 (Istimewa)
 04 Juli 2018 11:59:18 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Kejaksaan Agung (Kejagung) dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) sepakat bekerjasama untuk memberantas aksi teror. Nota kesepakatan itu ditandatangani di Kejagung, Jakarta Selatan, Selasa (3/7/2018).

Nota kesepahaman antara Kejagung dan BNPT penting dan strategis, dalam hal koordinasi dan kerja sama pelaksanaan tugas dan fungsi penanggulangan terorisme.

"Saya menganggap bahwa penandatanganan nota kesepahaman tentang Koordinasi dan Kerja Sama Pelaksanaan Tugas dan Fungsi dalam Penanggulangan Terorisme ini merupakan langkah tepat, untuk semakin menegaskan kesamaan tekad dan semangat saling mengisi dan saling melengkapi, saling memberi dan menerima," terang Jaksa Agung HM Prasetyo saat memberi sambutan di acara tersebut.

Untuk diketahui, kerjasama juga terjalin antar Sekteraris Umum BNPT dan Jaksa Muda Badan Intelejen Kejaksaan, serta Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan.

Prasetyo mengakatan, kerjasama antara Intelejen Kejaksaan dan BNPT untuk meningkatkan efisiensi, efektifitas dan optimalisasi bidang intelijen dalam penanggulangan terorisme melalui pertukaran data dan informasi dalam rangka pencegahan penyebaran paham radikal terorisme dan penanggulangan terorisme.

Kemudian, kerjasama dengan Bidang Perdata dan Tata Usaha Kejaksaan, meliputi tentang penangan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara.

"Secara khusus ingin saya sampaikan bahwa Kejaksaan dalam kapasitas selaku Lembaga Pengacara Negara, dapat dimanfaatkan BNPT untuk sekira diperlukan, meminta Bantuan Hukum, Pertimbangan Hukum, Tindakan Hukum Lain dan Pelayanan Hukum baik di dalam maupun di luar pengadilan dalam posisi baik selaku Tergugat maupun Penggugat dalam menghadapi tuntutan ataupun gugatan perkara Perdata dan Tata Usaha Negara," jelasnya.

Kata, Kepala BNPT Komjen Suhardi Alius, kerja sama yang dilakukan ini juga sebagai bentuk kesiapan BNPT dan Kejaksaan Agung dalam menghadapi Asian Games 2018 agar aman dari aksi terorisme.

"Tantangan kita ke depan terus terbentang, melihat fenomena global juga masalah terus dihadapi di masa-masa yang akan datang. Terdekat adalah kesiapan asian game, pemilu legislatif dan Pilpres, yang menuntut keseriusan kita," pungkasnya.

(wem)


Berita Terkait