Kejagung Akan Tambah Dua Direktorat di Jampidum

Kejagung Akan Tambah Dua Direktorat di Jampidum
 dok. kb7
 13 September 2017 18:11:56 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Jaksa Agung M Prasetyo mengikuti Pembukaan Rapat Kerja Teknis Bidang Tindak Pidana Umum (Pidum) dan Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara di Jakarta, Rabu (13/9/2017).

Dalam rapat tersebut, Prasetyo menyebutkan akan ada dua direktorat baru yang hadir di Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (JAM Pidum) yakni, Direktorat Tindak Pidana Narkotika dan Zat Adiktif Lainnya serta Direktorat Tindak Pidana Terorisme dan Lintas Negara.

"Hal itu seiring dengan adanya Keputusan Presiden yang memberi ruang dilakukannya penyempurnaan struktur organisasi Kejaksaan RI atas hasil pembahasan dan persetujuan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi," ucap Prasetyo.

Tak hanya itu, pada kesempatan tersebut Praseryo juga menghimbau jaksa untuk bersungguh-sungguh dalam melaksanakan tugas pra-penuntutan dalam penerbitan P19 (berkas perkara untuk dilengkapi) dan P21 (berkas perkara lengkap).

"Berdasar pengamatan, saat ini masih ditemukan sikap tidak sungguh, asal-asalan dan tidak profesional para jaksa, baik itu sengaja dilakukan atau tidak, jarang tidak memperhatikan atau bahkan mengabaikan pemenuhan unsur yuridis serta ketentuan yang berlaku," katanya.

Selain itu, Prasetyo meminta kepada jaksa agar menghidari diri dari berbagai macam godaan dalam menjalankan tugasnya. Jaksa jangan mudah menggadaikan kehormatannya lantaran janji atau pemberian hadiah dalam melakukan penuntutan sebuah kasus.

"Salah satu hal penting yang saya minta kepada para jaksa adalah agar selalu benar-benar dan sungguh-sungguh mempedomani, mematuhi dan melaksanakan standar operasional prosedur teknis administrasi dan teknis yuridis dalam setiap penanganan perkara, dan agar tidak ada lagi oknum Kejaksaan yang 'bermain-main' dengan penanganan perkara," pungkasnya.

(**)