Kata Wiranto, Pembentukan Densus Tipikor Ditunda

Kata Wiranto, Pembentukan Densus Tipikor Ditunda
 (istimewa)
 24 Oktober 2017 14:33:34 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Pembentukan Detasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi (Densus Tipikor) telah dibahas dalam Rapat Terbatas (Ratas) di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (24/10/2017).

Rapat tersebut dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Beberapa menteri hadir di antara yakni Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto.

Selain itu, rapat juga diikuti oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Ketua dan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Rahardjo dan Laode M Syarif.

Seusai rapat, Wiranto memaparkan, dilakukan kajian lebih lanjut tentang pembentukan Densus Tipikor yang dirancang oleh Polri. Karena itu, Pemerintah memutuskan kalau pembentukan densus tersebut ditunda terlebih dahulu.

"Maka diputuskan bahwa pembentukan Densus Tipikor untuk sementara ditunda, untuk kemudian dilakukan pendalaman lebih jauh lagi," kata Wiranto.

Ia menegaskan, yang dibutuhkan bangsa soal penanganan kasus korupsi saat ini adalah penguatan lembaga yang sudah ada, terlebih KPK. Karena demikian, wacana Densus Tipikor tak perlu diperpanjang lagi.

"Sekarang ini yang kita utamakan adalah memperkuat lembaga-lembaga yang sudah ada, terutama KPK," kata Wiranto.

"Isu mengenai ini (Densus Tipikor) kita berhenti dulu. Nggak usah kita perpanjang lagi isu mengenai Densus Tipikor ini," ucap Wiranto menambahkan, dikutip dari Detik.

(**)