Kata Jaksa KPK, Novanto dan Andi Punya Hubungan Soal e-KTP

Kata Jaksa KPK, Novanto dan Andi Punya Hubungan Soal e-KTP
 Tersangka korupsi e-KTP, Setya Novanto (istimewa)
 07 Desember 2017 17:50:54 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Dalam lanjutan sidang kasus korupsi e-KTP di Pengadilan Tipikor, jaksa Komisi Pemberantasn Korupsi (KPK) menyebutkan terdakwa Andi Narogong punya hubungan dengan Setya Novanto untuk membahas anggran proyek e-KTP. Andi katanya pernah bertemu Novanto di Hotel Gran Melia, Jakarta Pusat.

"Terdakwa mengajak Irman dan Sugiharto bahwa kunci anggaran e-KTP adalah Setya Novanto. Untuk itu Andi menghubungi Setya Novanto untuk di Gran Melia," ujar jaksa dalam sidang, Jakarta, Kamis (7/12/2017).

Jaksa mengatakan, terdakwa bertemu dengan Novanto, tersangka kasus korupsi e-KTP, bersama mantan Sekjen Kemendagri Diah Anggraeni, mantan Dirjen Dukcapil Irman dan eks Pejabat Pembuat Komitmen Kemendagri Sugiharto.

Dipaparkan oleh jaksa KPK, dalam pertemuan tersebut Novanto mendukung proyek e-KTP dan anggaran proyek ini harus dikawal bersama-sama.

"Kemudian Andi bertemu Setya Novanto, Diah, Irman dan sugiharto. Setya Novanto bilang ada proyek nasional ayo dukung bersama-sama. Atas mendapatkan dukungan Novanto Andi mengajak Irman bertemu Novanto di lantai 12 ruang fraksi Golkar di DPR," ucap jaksa, dilansir dari Detik.

Dalam pertemuan di DPR, jaksa menyatakan Andi menilai Irman masih ragu dalam anggaran proyek e-KTP di DPR. Oleh sebab itu, Novanto disebut jaksa sedang dikondisikan anggaran di DPR.

"Gimana anggaran e-KTP Pak Irman masih ragu Pak. Novanto bilang ini sedang dikondisikan. Setelah Irman pergi, Novanto bilang nanti perkembangan saya kabarin lewat Andi," ucap jaksa.

(**)