Kasum Terima Kunjungan Menteri Pertahanan Inggris

Kasum Terima Kunjungan Menteri Pertahanan Inggris
 (Dok. Puspen)
 14 April 2018 11:33:38 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksdya TNI Didit Herdiawan mewakili Panglima TNI menerima kunjungan kehormatan Menteri Muda Bidang Pengadaan Pertahanan Inggris Guto Bebb di ruang tamu Panglima TNI Jl. Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (13/4/2018).

Dalam pertemuan tersebut Kasum TNI menyampaikan perkembangan hubungan kerja sama kedua negara di bidang pertahanan dan militer telah menunjukkan kemajuan yang sangat signifikan, yang ditandai dengan adanya kerja sama militer dalam bidang pendidikan, pelatihan dan industri pertahanan.

Selain itu, lanjutnya, juga meningkatkan hubungan diplomasi dilaksanakan melalui kunjungan para pejabat tinggi militer kedua angkatan bersenjata dan pertukaran kunjungan kapal perang Angkatan Laut kedua negara.

Kasum TNI menyampaikan bahwa saat ini TNI telah menerima tiga kapal perang jenis Multi Role Light Frigate (MRLF) buatan British Aerospace Engineering (BAE) KRI Bung Tomo-357, KRI Usman Harun-359 dan KRI John Lie 358 beberapa tahun yang lalu dan saat ini telah memperkuat jajaran TNI AL.

Dalam pertemuan tersebut Kasum TNI memaparkan, TNI secara bertahap dan berkelanjutan terus melakukan program pembangunan di segala bidang atau dikenal dengan program pembangunan kekuatan pokok minimum (Minimum Essential Force) TNI untuk menjadikan TNI lebih profesional dalam menjalankan tugas menjaga kedaulatan NKRI.

Laksdya TNI Didit Herdiawan juga menyampaikan program pembangunan TNI, antara lain program peningkatan profesionalitas prajurit TNI, modernisasi Alutsista yang lebih mengedepankan pengadaan produksi dalam negeri dan pengadaan Alutsista dari luar negeri yang belum dapat dipenuhi dari industri pertahanan Indonesia.

Modernisasi Alutsista TNI dilaksanakan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam rangka mendukung kegiatan operasi yang digelar TNI dalam melaksanakan tugas pokok operasi militer perang (OMP) dan operasi militer selain perang (OMSP).

Delegasi Inggris dipimpin Menteri Muda bidang Pengadaan Pertahanan Inggris, Guto Bebb MP didampingi Dubes Inggris untuk Indonesia, ASEAN dan Timor Leste Moazam Malik, Athan Inggris untuk Indonesia Jaimie Roylance dan staf kedutaan Inggris di Jakarta.

(andreas)