Kasat Reskrim Polres Metro Jaktim Dukung Eksekusi Fidusia Sesuai Undang-Undang

Kasat Reskrim Polres Metro Jaktim Dukung Eksekusi Fidusia Sesuai Undang-Undang
 Rahmat Aminudin, SH dan Kasat Reskrim Polres Jakarta Timur, AKBP Sapta Maulana Marpaung SIK
 09 Agustus 2017 10:45:13 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Kasat Reskrim Polres Jakarta Timur, AKBP Sapta Maulana Marpaung SIK menyatakan mendukung rencana kantor hukum Rahmat Aminudin SH bersama Adira finance untuk melaksanakan eksekusi kendaraan sesuai mekanisme hukum dan menerima pengaduan bila finance telah memiliki sertifikat jaminan fidusia.

"Terima kasih, pada dasarnya saya mendukung rencananya," katanya di Jakarta, Selasa (8/8/2017).

Sapta menjelaskan akan menertibkan finance (eksternal) dalam hal eksekusi yang tidak sesuai aturan.

"Intinya kita akan bikin ini agar tertib," ungkap Sapta.

Adapun dalam Undang-undang nomor 42 tahung 1999 tentang Hukum Jaminan Fidusia pada pasal 35 dan 36 terdapat ketentuan pidana, yang akan menjerat debitur yang mengantikan plat nomor dan mengalihkan unit kendaraan tanpa persetujuan kreditur.

"Kembali kepada aturan kita masing-masing. Misalnya mungkin finance punya kewajiban untuk mendaftarkan sertifikat dulu. Baru apabila ingin melapor maka kami akan menerima," katanya.

Sementara itu, Rahmat Aminudin menjelaskan bahwa pada prinsipnya ia bersama Adira finance akan membantu menjaga ketertiban umum dengan melaksanakan eksekusi unit kendaraan sesuai mekanisme hukum Jaminan Fidusia dan Peraturan Kapolri (Perkap) nomor 8 tahun 2011 tentang pengamanan eksekusi jaminan fidusia.

Menurutnya akan intens berkomunikasi dan koordinasi dengan pihak Polres Jakarta Timur agar visi dan misi darinya akan terwujud sehingga pihak debitur dan kreditur sama-sama memperoleh keadilan.

"Kemananan dan ketertiban juga terjamin. Kemudian tidak ada lagi konflik antara debitur dengan para debcolektor," katanya.

(wem)