Kapolri Jelaskan Soal OTT KPK Yang Dikawal Polisi Bersenjata

Kapolri Jelaskan Soal OTT KPK Yang Dikawal Polisi Bersenjata
 Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (Istimewa)
 12 Oktober 2017 13:40:09 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian diminta menjelaskan kenapa Kapolda tidak mengetahui pelaksanaan oprasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dilakukan di daerah.

Yang meminta pejelasan itu yakni Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo dalam rapat kerja bersama antara Komisi III dengan Polri di gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Kamis (12/10/2017).

"OTT mekanismenya perlu diatur karena dari KPK berhubungan langsung dengan kepala satuan wilayah (kasatwil). Jadi mungkin karena pertimbangan kerahasiaan kapolda, bahkan kapolri tidak tahu," jelas Tito dalam rapat tersebut.

Tak hanya itu, Komisi III juga meminta Tito untuk menjelaskan soal pengawalan anggota Polri dengan senjata api terhadap OTT KPK. Tito menuturkan, hal ini sesuai dengan potensi ancaman yang sudah dilaporkan intelejen.

"Saya sependapat mengenai penampilan dan penggunaan kekuatan termasuk senpi dalam pegamanan OTT KPK. Saya sudah beri arahan agar tetap mengindahkan prinsip proporsional," pungkas Tito, dikutip dari Tribunnews.

(**)