Kapolri Akan Ajari FBI Kontraterorisme

Kapolri Akan Ajari FBI Kontraterorisme
 Kapolri Jenderal Tito Karnavian (istimewa)
 26 Oktober 2017 16:39:07 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian diundang oleh lembaga penegak hukum Amerika Serika untuk mengajari ilmu kontraterorisme.

"Nanti malam saya akan berangkat ke Amerika. Saya diundang oleh UN, diundang oleh FBI, diundang di think tank yang paling penting di sana namanya Brookings Institute," kata Tito seusai acara pengukuhan dirinya sebagai guru besar STIK/PTIK di auditorium STIK/PTIK, Jalan Tirtayasa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (26/10/2017).

Dipaparkan Tito, materi yang akan disampaikan saat mengajari para agen FBI, seputar jenis jaringan-jaringan teroris secara spesifik. Tito juga akan mengajari langkah-langkah kontraterorisme, terutama dengan metode pendekatan preventif.

"Saya akan mem-brief mereka, jadi saya bukan belajar dari mereka. Saya akan mem-brief mereka agar memahami tipologi karakteristik dari jaringan-jaringan ini," ujar Tito, dilansir dari Detik.

Tito menilai upaya preventif, seperti soft approach, lebih efektif mengatasi terorisme dibanding penindakan kejahatan teroris, seperti operasi militer.

"Hard approach, operasi militer di tempat-tempat tertentu, boleh saja dilakukan, tapi yang paling adalah soft approach. Karena soft approach ini bisa langsung menyentuh ke hatinya untuk tidak berbuat terorisme," paparnya.

(**)