Jokowi Terkesima Oleh Sumpah TNI Untuk Setia Kepada NKRI

Jokowi Terkesima Oleh Sumpah TNI Untuk Setia Kepada NKRI
 dok. kb7
 05 Oktober 2017 12:59:47 wib
Share :

Kabar7, Cilegon - Dalam perayaan HUT Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-72, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertindak sebagai inspektur upacara, di Dermaga PT Indah Kiat, Cilegon, Banten, Kamis (5/10/2017).

Jokowi, dalam pidatonya, menyampaikan rasa bangga dan terkesima dengan sumpah prajurit TNI. Ia berharap agar tentara Indonesia ini menjadi kekuatan yang disegani negara lain, baik di kawasan ASEAN, Asia, hingga dunia.

"Saya bangga dan terkesima mendengarkan sumpah prajurit. Sumpah saudara-saudara untuk setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut juga mengingatkan pesan Jenderal Besar Sudirman tentang jati diri TNI. Katanya, politik TNI adalah politik negara dan loyalitas tentara adalah untuk kepentingan negara.

"Loyalitas negara itu kesetiaan kepada pemerintah yang sah," ujar Jokowi di hadapan ribuan prajurit TNI.

Untuk diketahui, Jokowi dalam acara HUT TNI ke-72 didampingi Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Laut (Kasal) dan Udara (Kasau). Di hari jadinya ini TNI mengusung tema "Bersama Rakyat TNI Kuat".

(wem)