Jokowi Ingin Anak Muda Olah Pangan dan Pertanian

Jokowi Ingin Anak Muda Olah Pangan dan Pertanian
 Presiden Joko Widodo (Istimewa)
 28 Oktober 2017 16:49:57 wib
Share :

Kabar7, Bogor - Memperingati Hari Sumpah Pemuda, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan diskusi interaktif bersama pemuda-pemudi Indonesia di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu (28/10/2017).

Pada kesempatan tersebut, Jokowi mengajak anak muda untuk terjun ke sektor pangan dan sektor pertanian dengan cara-cara manajemen modern.

"karena selama ini yang kita lihat kita terlalu fokus pada budi daya pertanian," kata Presiden Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu, menilai pengelolaan pascapanen di sektor pertanian juga penting untuk diperhatikan demi memberi nilai tambah komoditas.

Jokowi menegaskan, pemerintah akan mendukung segala inovasi yang dirintis pengusaha muda guna membangun pertanian modern.

Dukungan diberikan mulai prapenanaman hingga pascapanen sehingga meraih peluang besar dalam sektor pangan.

"Tanaman apa pun, masuk ke padi silakan, tadi saya lihat ada yang masuk ke rempah-rempah, ada yang masuk ke tanaman organik. Saya kira ke depan juga sangat menjanjikan tadi dengan packaging yang baik atau kemasan yang baik, tanaman tanaman organik ini sangat akan diminati oleh masyarakat, oleh negara-negara lain," jelas Jokowi, dilansir dari Antaranews.

Jokowi mengajak anak muda untuk mengikuti pendidikan luar ruangan untuk mempelajari hal-hal riil yang terjadi di lapangan.

"Dimasukkan saja anak-anak ke hutan juga tidak apa-apa juga, masukkan saja anak-anak kita ke sawah juga tidak apa-apa, ya yang penting di luar ruangan," kata Presiden.

Pada acara ini, Presiden mengundang sejumlah pemuda berprestasi, memiliki usaha rintisan dan gagasan membangun bangsa mulai dari komunitas skateboard, UMKM Foodtruck, hingga komunitas modifikasi sepeda motor.

(**)