Jokowi dan Anies Tinjau HI Usai Pembongkaran JPO

Jokowi dan Anies Tinjau HI Usai Pembongkaran JPO
 (istimewa)
 02 Agustus 2018 22:05:58 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Presiden Joko Widodo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta Pusat pada Kamis (2/8/2018), usai pembongkaran jembatan penyeberangan orang (JPO).

"Kita tadi meninjau sepanjang dari depan Le Meredien sampai dekat Dukuh Atas. Kita lihat progres (kemajuan) pembangunan trotoar Alhamdulilah rapi. Sudah selesai bagian situ dan bagian sini juga," kata Anies di Bundaran HI.

Dia mengatakan Presiden Jokowi menyaksikan langsung dari dekat bekas pembongkaran JPO, kemudian menyebutkan Jakarta siap pada perhelatan Asian Games 2018.

Anies ingin pada saat nanti banyak atlet dan ofisial yang berada di sekitar Senayan bisa berjalan kaki hingga Monumen Nasional (Monas).

Karena para tamu Asian Games yang datang mau melihat-lihat di wilayah Sudirman dan Thamrin maka kawasan tersebut sudah siap dilalui, ujar Anies.

"Saya ajak Pak Presiden untuk lihat-lihat karena beliau ngomong opo itu rame-rame JPO. Saya ajak yok sekalian kita lihat JPO. Kami tunjukkan pada beliau apa yang kita lakukan di sini," ucap Gubernur.

Meskipun melihat ini di luar rencana namun Presiden sudah melihat tadi suasana sekitar bundaran HI.

Menurut Anies, secara estetika dalam arti yang positif patung Selamat Datang tidak terhalang.

"Kita bersyukur dan kita ingin patung Selamat Datang mengucapkan selamat datang karena memang ini dulu idenya dibangun untuk mengucapkan selamat datang kepada para atlet yang datang mendarat di Kemayoran," tutur Anies.

Dari Kemayoran, kedua petinggi itu datang ke Senayan itu pada 1962, dan sekarang atletnya mendarat di Cengkareng tapi dalam perjalanan ke Senayan patung ini dikembalikan fungsinya.

JPO di bundaran HI diturunkan dan digantikan dengan penyeberangan jalan berlampu lalu lintas (pelican crossing).

"Dan harapannya penyandang disabilitas, orang tua, ibu hamil bisa gunakan pelican crossing ini," ungkap Gubernur.

(antara)