Jokowi Bagikan 1.422 Sertifikat Tanah di Kalimantan Utara

Jokowi Bagikan 1.422 Sertifikat Tanah di Kalimantan Utara
 (*)
 06 Oktober 2017 15:37:47 wib
Share :

Kabar7, Bulungan - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditemani Ibu Negara Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Utara, Jumat (6/10/2017).

Jokowi di daerah tersebut membagi-bagikan sertifikan tanah kepada masyarakat. Ada sebanyak 1.422 sertifikat yang dibagikan kepada rakyat di halaman Kantor Bupati Bulungan, Kabupaten Bulungan.

Pada kesempatan itu, Jokowi kembali mengingatkan masyarakat agar tidak asal dalam memanfaatkan sertifikat yang telah berikan. Jokowi tak bermaksud untuk melarang, namun sebelum digunakan seperti dibuat jamin ke bank guna modal usaha, sebaiknya dipertimbangkan dahulu dengan matang dan hati-hati.

"Mau disekolahkan' (diagunkan-red), saya tahu, tidak apa-apa silakan. Tapi dihitung, dikalkukasi bisa menyicil setiap bulan atau tidak. Kalau tidak bisa, jangan. Hati hati kalau mau pinjam ke bank," ucap Presiden.

Selain itu, Jokowi juga berpesan agar masyarakat dapat menjaga sertifikat lahan yang didapat dengan baik dan disimpan di tempat yang aman. Agar sertifikat tidak rusak dan hilang.

"Saya titip, ini (sertifikat) disimpan baik-baik, ditaruh di plastik biar kalau rumahnya bocor tidak kehujanan sertifikatnya. Dan difotokopi (sertifikatnya) agar kalau hilang masih punya fotokopinya untuk diurus lagi ke BPN biar cepat," tutur Presiden Jokowi, dikutip dari Antaranews.

Dalam kujungan kerja kali ini, Presiden Joko Widodo juga didamping oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil, Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie dan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki.

(**)