Jokowi: 2045 Indonesia Akan Masuk Era Indonesia Emas

Jokowi: 2045 Indonesia Akan Masuk Era Indonesia Emas
 Presiden Joko Widodo (istimewa)
 09 Oktober 2017 17:26:06 wib
Share :

Kabar7, Semarang - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya menjaga stabilitas keamanan, politik, dan pertumbuhan ekonomi seperti sekarang.

Bila stabilitas ini terus terjaga, ketika harga komoditas naik, lalu ekonomi global berada di posisi normal, maka 2045 mendatang, Indonesia akan masuk pada era Indonesia emas.

"Ini hitung-hitungan bukan dari hitung-hitungan kita sendiri, hitung-hitungan dari Mackenzie, hitung-hitungan dari World Bank, hitung-hitungan dari EOCD yang mengatakan bahwa pada tahun 2045 Indonesia akan masuk pada yang namanya era Indonesia emas," kata Presiden Jokowi dalam arahannya pada apel para Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) Polri 2017 yang digelar di kompleks Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang, Jawa Tengah, Senin (9/10/2017).

Diterangkan Jokowi, pada era tersebut diperkirakan income per kapita masyarakat Indonesia mencapai 29.000 dollar AS atau setara Rp391.500.000/tahun (kurs saat ini Rp13.500 per dollar AS). Dengan demikian, Indonesia akan menjadi 4 besar ekonomi terkuat di dunia.

"4 besar itu siapa? Cina, India, Amerika, dan kita," tegas Kepala Negara seraya menambahkan, untuk menuju ke sana perlu catatan-catatan yang harus kita perbaiki yang harus kita benahi.

Era Indonesia emas ini merupakan tugas besar yang harus direncanakan dan disiapkan bersama. Setelah itu tentu harus direalisasikan dengan tindakan-tindakan pelaksanaan agar yang sudah dihitung dan dikalkulasikan benar-benar kejadian.

"Inilah yang membawa rakyat kita pada kondisi yang makmur dan sejahtera," tutur Presiden Jokowi.

Sementara dalam acara yang ape Kasatwil Polri 2017 tersebut, turut hadir yakni Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo beserta para Kepala Staf TNI, Ketua Mahkamah Konstitusi Arief Hidayat, sejumlah piminan lembaga negara, dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

(sumber: Setkab)