Jenderal Tegur Korlantas Terkait "Prit Jigo"

Jenderal Tegur Korlantas Terkait
 (*)
 22 September 2017 15:15:15 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Jajaran Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri diminta untuk menghentikan tindakan mencari kesalahan pengendara lalu lintas atau yang dikenal dengan istilah 'prit jigo'. Pasalnya, tindakan tersebut yang membuat buruk citra polisi di masyarakat.

Hal ini disampaikan Kapolri Jenderal Tito Karnavian di HUT ke-62 Korlantas Polri yang berlangsung di Lapangan National Traffic Management Centre (NTMC), Cawang, Jakarta Timur, Jumat (22/9/2017).

"Langkah-langkah anggota di lapangan, istilah 'prit jigo' ini memberikan kontribusi yang signifikan terhadap rendahnya pandangan masyarakat terhadap Polri," kata Tito.

Mantan Kapolda Metro Jaya ini menegaskan kepada semua bawahanya agar tak meneruskan tindakan negatif yang dapat menurunkan citra polisi. Tapi sebaliknya, semua harus berupaya membangun citra Korps Bhayangkara lebih baik dengan perbuatan positif.

"Konotasi negatif di mata publik masih ada. Bahkan, ada tokoh yang bilang kerja instansi anu mirip polisi lalu lintas, ngumpet di balik pohon ada pelanggaran langsung nongol. Ke depan, tolong jajaran lalu lintas semakin berupaya mengubah citranya jadi yang lebih positif," katanya.

Tito mengingatkan satu anggota saja berbuat buruk maka akan berimbas pula ke 432 ribu anggota Polri. Untuk itu dia berharap agar semua anggota saat ini dapat menjaga citra Polri dengan perbuatan baik.

"Jika satu anggota Polri berbuat baik, maka yang lain akan merasakan manfaatnya," pungkas Tito di kutip dari CNN Indonesia.

(**)