Jemaah Diingatkan Tidak Bawa Banyak Uang ke Masjidil Haram

Jemaah Diingatkan Tidak Bawa Banyak Uang ke Masjidil Haram
 Ilustrasi (istimewa)
 04 Agustus 2018 12:25:13 wib
Share :

Kabar7, Batam - Panitia Pelaksana Ibadah Haji Arab Saudi mengingatkan jemaah calon haji tidak membawa uang banyak ketika berada di sekitar Masjidil Haram karena banyak jamaah yang mengeluhkan kehilangan uang.

"PPIH Arab Saudi, Romadi yang kami hubungi dari Batam, mengatakan jemaah diharapkan untuk tidak membawa uang yang banyak dan senantiasa waspada bila berada di tempat-tempat keramaian," kata Kepala Sub Bagian Informasi dan Humas Panitia Pelaksana Ibadah Haji Embarkasi Hang Nadim Batam, Syahbudi, Sabtu (4/8/2018).

Berdasarkan informasi Romadi, banyak kasus jemaah yang kehilangan uang, entah karena terjatuh ataupun dicopet.

Romadi juga memberitahu, saat ini jemaah yang berada di Mekkah mulai melaksanakan umroh.

"Dari informasi yang didapat, umumnya JCH terlalu bersemangat untuk segera melakukan ibadah umrah saat tiba di Mekkah. Sehingga mereka mengabaikan istirahat dan makan, akibatnya daya tahan tubuh menurun akhirnya jatuh sakit," kata Syahbudi.

Sementara itu, hingga kini, Embarkasi Hang Nadim Batam telah memberangkatkan 7.178 orang calon haji.

Pada musim haji tahun 2018, Embarkasi Hang Nadim Batam melayani 11.894 JCH, yang terdiri dari Provinsi Kepri sebanyak 1.268 orang, Provinsi Riau 5.050 orang, Provinsi Kalimantan Barat sebanyak 2.526 orang dan Provinsi Jambi sebanyak 2.915 orang.

Jadwal pemberangkatan JCH Embarkasi Batam terbagi ke dalam dua gelombang, yaitu Batam-Madinah untuk Kloter 1-10 dan Batam-Jedah untuk kloter 11-27.

(antara)