Jaksa Agung Harap PJI Proaktif Terhadap Dinamika Hukum

Jaksa Agung Harap PJI Proaktif Terhadap Dinamika Hukum
 (Istimewa)
 29 Juni 2018 13:42:47 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Jaksa Agung HM Prasetyo berharap Persatuan Jaksa Indonesia (PJI) tetap mampu memelihara sikap aktif dan proaktif terhadap dinamika perkembangan hukum dan tuntutan rasa keadilan di tengah masyarakat yang memerlukan respons positif jajaran jaksa dan kejaksaan, berkaitan tugas penegakan hukum yang harus diemban dengan baik dan benar.

Hal tersebut disampaikannya, saat ia memimpin upacara Hari Ulang Tahun (HUT) PJI ke-25, yang mengangkat tema "Menjaga Harkat dan Martabat Profesi untuk Memperkuat Konstitusional Institusi Kejaksaan", di lapangan Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Jumat (29/6/2018).

Dia mengatakan, melihat usia yang sudah menginjak lebih dari seperempat abad, maka sebagai organisasi wadah para jaksa, PJI tidak lagi dapat dinyatakan sebagai organisasi profesi yang masih muda dan baru.

"Terlebih karena pengabdian jaksa, yang sesungguhnya telah jauh melampaui usia organisasinya itu sendiri, dan sudah dimulai sejak zaman prakemerdekaan, pascakemerdekaan hingga saat ini," ujarnya.

Menurut dia, organisasi yang dulu bernama Persaja digagas dan diinisiasi pertama kali oleh para jaksa yang memiliki pemikiran besar bagi perkembangan peran, tugas dan fungsi kejaksaan di Indonesia.

"Oleh karenanya dalam kesempatan ini, sudah seharusnya kita menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa hormat serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para senior dan pendahulu," kata Prasetyo.

"Saya ulang tegaskan di sini, agar hendaknya organisasi PJI mampu menjadi motor penggerak yang terus aktif menggulirkan semangat perjuangan terwujudnya ruang pengaturan peran, posisi dan kedudukan yang tegas, eksplisit dan jelas bagi kejaksaan dalam susunan ketatanegaraan, sesuai harapan kita bersama," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Prasetyo menyatakan sebagai pelindung organisasi dirinya juga menyampaikan apresiasi atas kinerja PJI yang semakin memberikan kontribusi positif bagi semua pihak.

"Di samping itu, saya melihat PJI juga begitu menunjukan kepekaan rasa empati dengan memberi bantuan kepada sesama jaksa dan warga kejaksaan yang sedang menghadapi musibah dirundung malang. Sikap, tindakan dan kepedulian organisasi kepada anggotanya semacam itu rasanya perlu tetap dilanjutkan guna membangun suasana kekeluargaan, kebersamaan, kedekatan dan tolong menolong satu sama lain, sebagaimana layaknya sebuah keluarga," jelasnya.

"Selamat disertai doa dan harapan semoga organisasi Persatuan Jaksa Indonesia semakin baik, semakin kuat, semakin memberi arti dan semakin membanggakan kita semua. Dirgahayu PJI," pungkas Jaksa Agung.

(andreas)


Berita Terkait