Jadikan Idul Adha Sarana Berbagi Kepedulian dalam Bingkai Kebhinnekaan

Jadikan Idul Adha Sarana Berbagi Kepedulian dalam Bingkai Kebhinnekaan
 (istimewa)
 31 Agustus 2017 16:27:36 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Hari raya Idul Adha merupakan sarana bagi umat manusia untuk berbagi kepedulian antar sesama dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Pasalnya, ibadah dan hidup bersama-sama di dalam agama islam itu sendiri selain punya dampak individu tapi juga harus punya dampak sosial.

Hal ini disampaikan Ketua Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) sekaligus Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Prof. Dr. KH. Ahmad Satori Ismail, MA, yang direales BNPT, Kamis (31/8/2017).

"Karena di Idul Adha pada 10 hari pertama kita disunnahkan untuk berbuat kebajikan, berbuat amal soleh, tolong menolong dan disunnahkan berpuasa dari tanggal 1 sampai 9 Dzulhijjah," ujarnya.

Ahmad menerangkan, di dalam Idul Adha juga disunnahkan kepada umat muslim untuk meningkatkan kepedulian yaitu menyembelih hewan pada tanggal 10 Dzulhijjah dan tanggal 11 sampai 13 Dzulhijjah.

"Diharapkan dengan melalui qurban, kita bisa berbagi kepada tetangganya pada seluruh orang-orang yang khususnya sangat membutuhkan kepedulian itu. Disinilah kepedulian rasa persatuan itu diharapkan akan meningkat," pungkasnya.

(hdi)