Intelijen Kejaksaan Ringkus Koruptor di Malaysia

Intelijen Kejaksaan Ringkus Koruptor di Malaysia
 (dok. kb7)
 29 November 2017 12:52:08 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Tim intelijen Kejaksaan Agung (Kejagung) berhasil mengamankan buronan yang menjadi DPO, Bagoes Soetjipto Soelyodikoesomo.

Buronan ini ditangkap tim intelijen di salah satu apartemen yang berada di Johor Baru, Malaysia, pada 26 November kemarin.

Kata Jaksa Agung Muda Intelejen (Jam Intel) Jan Samuel Maringka, penangkapan Bagoes ini menjadi bukti kalau tidak ada tempat yang aman untuk pelaku kejahatan.

"Sinergitas penegakan hukum antara kepolisian, kejaksaan, imigrasi dan perwakilan kita di luar negeri menunjukan, dimana pun pelaku kejahatan berada proses hukum anak terus mengikutinya," katanya dalam jumpa pers di Kejagung, Rabu (29/11/2017).

Dipaparkan olehnya, yang bersangkutan ini merupakan terpidana kasus korupsi Program Penanganan Sosial Ekonomi Masyarakat (P2SEM) Provinsi Jawa Timur, tahun anggaran 2008.

"Terpidana melakukan perbuatan melawan hukum dengan cara mencari calon penerima bantuan kemudian mengajukan proposal penggunaan dana," katanya.

Setelah dana cair kepada penerima bantuan, lanjutnya, yang bersangkutan memerintahkan dana tersebut ditransfer ke rekening miliknya sementara penerima yang berhak hanya diberikan sebagian kecil.

"Sehingga negara dirugikan sekitar Rp 2.000.000.000," sambungnya.

Untuk diketahui, Bagoes ini telah divonis tujuh tahun dan denda Rp 200 juta dalam kasus tersebut oleh pengadilan Pengadilan Negeri di Jawa Timur.

(wem)