Inggris Tak Mendukung Papua Lepas dari NKRI

Inggris Tak Mendukung Papua Lepas dari NKRI
 Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik (istimewa)
 17 November 2017 09:29:01 wib
Share :

Kabar7, Sorong - Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik, menyampaikan Pemerintah Inggris tidak mendukung segala aktivitas kelompok-kelompok yang ingin memisahkan wilayah Papua dan Papua Barat dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sebaliknya, Pemerintah Inggris mendukung penuh agar wilayah tersebut masih tetap menjadi bagian yang tak terpisahkan dari NKRI.

"Namun yang menjadi catatan bagi Pemerintah Indonesia yaitu hak-hak politik dan hak-hak untuk mendapat kehidupan yang layak oleh masyarakat Papua perlu mendapat perhatian serius," ujar Moazzam Malik di Sorong, Kamis (16/11/2017).

Ia juga menyampaikan, Pemerintah Indonesia perlu mendengar aspirasi masyarakat Papua baik aspirasi tentang pembangunan untuk kesejahteraan maupun berbagai tindakan pelanggaran HAM.

"Masyarakat Papua berhak untuk merasakan kehidupan yang sejahtera setara dengan daerah-daerah lain di Indonesia," katanya.

Menurut dia, Pemerintah Inggris mendukung berbagai program pemerintah provinsi Papua dan Papua Barat untuk kesejahteraan masyarakat, salah satunya adalah program peningkatan pendidikan dengan memberikan bantuan beasiswa bagi bagi mahasiswa Papua yang berprestasi.

"Kami juga mendukung program-program pemerintah di bidang kehutanan dengan tujuan agar hutan Papua yang menjadi sumber kehidupan dapat terlestarikan untuk kehidupan di masa yang akan datang," tuturnya, dikutip dari Antaranews.

(**)