Indonesia-Yordania Sepakati Kerja Sama Terkait Terorisme

Indonesia-Yordania Sepakati Kerja Sama Terkait Terorisme
 (*)
 05 Oktober 2017 13:32:18 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Pemerintahan Indonesia dengan Pemerintahan Yordania sepakat untuk menjalin kerja sama dalam upaya penanggulangan terorisme.

Kerja sama ini disepakati oleh masing-masing Menteri Luar Negeri (Menlu) yakni Menlu RI Retno LP Marsudi dan Menlu Yordania Ayman Safadi, di kantor Kementerian Luar Negeri Yordania pada Rabu (4/10/2017).

Dalam pertemuan itu kedua pihak berpandangan sama, bahwa tantangan saat ini adalah adanya ancaman regionalisasi kelompok terorisme dengan banyaknya petempur teroris asing yang kembali dari beberapa negara di Timur Tengah.

Dari siaran pers Kementerian Luar Negeri RI, Kamis (5/10/2017), Retno menyebut situasi di Marawi di negara tetangga Filipina sebagai salah satu contoh dari regionalisasi kelompok teroris. Sementara Yordania merupakan salah satu negara yang warganya menjadi korban karena banyak warganya bergabung menjadi FTF.

Karena hal tersebut, baik Menlu RI dan Yordania menganggap penting soal penanggulangan terorisme dan radikalisme secara bersama.

Kedua menteri menyebut pertukaran informasi dan intelijen, pencegahan pendanaan bagi terorisme, penanganan FTF, program deradikalisasi dan dialog antarkepercayaan, serta peningkatan kapasitas sebagai bagian dari cakupan kerja sama.

"Peningkatan kapasitas otoritas keamanan dalam melawan terorisme dan radikalisme sangat penting, untuk itu saya mengundang penegak hukum Yordania untuk ke Jakarta Center for Law Enforcement Cooperation (JCLEC)," kata Retno dilansir dari Antaranews.

(**)