Indonesia-Turki Lakukan Pertemuan Bilateral

Indonesia-Turki Lakukan Pertemuan Bilateral
 (*)
 30 September 2017 13:07:25 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Indonesia dan Turki melakukan pertemuan bilateral di istana Dolmabahce, Jumat (30/9/2017). Dalam pertemuan Indonesia diwakili oleh Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah dan Turki diwakili Ketua Parlemennya yakni Ismail Kahraman.

Kedua pihak dalam pertemuan itu menekankan pentingnya peran masing-masing negara dalam membangun perdamaian di masing-masing kawasan. Pihak Turki mengapresiasi peran Indonesia di kawasan Asia, khususnya peran strategis Indonesia dalam kepemimpinan negara di Asean.

Diterangkan Fahri, hubungan Indonesia dengan Turki tak hanya didasarkan pertemanan saja, namun didasarkan pada persamaan pikiran dan perasaan termasuk membangun hubungan pada skala regional dan global.

Selain menyoroti persoalan geopolitik, Fahri juga menekankan pentingnya meningkatkan hubungan antar kedua negara dalam bidang ekonomi, sosial-budaya, penanggulangan terorisme, dan kerja-kerja kemanusiaan lainnya. Kerjasama kedua pihak telah lama terjalin. Bahkan kerjasama itu telah ada sejak masa kesultanan-kesultanan sejak beberapa abad yang lalu.

"Dulu kita sudah saling membantu. Hari ini, kita pasti bisa berbuat lebih banyak. Termasuk kerjasama dalam membangun gerakan Islam moderat di masing-masing negara," ungkap Fahri, dikutip dari Tribunnews.

Untuk diketahui, dalam pertemuan tersebut Fahri turut didampingi oleh anggota delegasi antara lain yakni Wakil Ketua Komisi IX Partaonan Daulay, Anggota BKSAP Dony Oekon, serta Dubes RI untuk Turki Wardana.

(**)