Indonesia Segera Kirim Bantuan Untuk Rohingya di Bangladesh

Indonesia Segera Kirim Bantuan Untuk Rohingya di Bangladesh
 (istimewa)
 07 September 2017 14:18:40 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi menegaskan pemerintah Indonesia segera mengirim bantuan untuk pengungsi Rohingya di Bangladesh.

Retno juga telah menugaskan Dubes RI di Bhangladesh, Rina Soemarno, untuk menindaklanjuti apa yang diperlukan saat ini oleh para pengungsi.

"Sudah ada beberapa kebutuhan yang masuk dan rencananya begitu masuk list permintaan bantuan itu sudah ada, maka sesuai arahan Presiden, kita akan segera upayakan segera mengirimkan bantuan itu karena mereka dalam posisi sangat membutuhkan baik tenda, food, maupun air minum," kata Retno di Singapura, Rabu (6/9) malam.

Bantuan yang diberikan pemerintah Indonesia ke Rohingya di Bangladesh merupakan bentuk komitmen Indonesia meringkan beban pemerintahan Bangladesh dalam menampung pengungsi.

"Selain dengan pemerintah Bangladesh, saya juga melakukan pertemuan dengan UNHCR dengan IOM yang berada di Bangladesh yang kebetulan saya sudah kenal semua karena tahun lalu saya berada di kamp pengungsi yang ada di perbatasan antara Myanmar dan Bangladesh," ungkap Retno.

Pemerintahan Bangladesh, lanjut Retno, sangat mengapresiasi dukungan Indonesia untuk penanganan masalah pengungsi Rohingya itu.

Sementara Retno juga akan mencoba melakukan komunikasi dengan Pemerintah Myanmar dan Bangladesh agar kedua negara dapat menjaga hubungan bilateral dengan baik. Dengan begitu persoalan pengungsi pengelolaan perbatasan dan sebagainya dapat diselesaikan.

"Karena itu kita mencoba bicara dengan kedua negara untuk menjaga huhungan kedua negara terpelihara baik, komunikasi terus dilakukan agar masalah perbatasan dan pengungsi dapat diselesaikan dengan baik," pungkas Retno dikutip dari laman Setkab.

(**)