Indonesia Punya Gedung Perpustakaan Nasional Tertinggi di Dunia

Indonesia Punya Gedung Perpustakaan Nasional Tertinggi di Dunia
 Gedung Perpustakaan Nasioanl (istimewa)
 14 September 2017 11:54:39 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan gedung Perpustakaan Nasional di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (14/9/2017).

Peresmian dilakukan secara simbolis dengan menekan sirine bersama-sama dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi M. Nasir, Kepala Perpustakaan Nasional Muh Syarif Bando dan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saeful Hidayat.

Gedung Perpustakaan Nasioanl ini sebelumnya hanya setinggi tiga lantai. Kini bangunan perpustakaan yang baru ini setinggi 27 lantai. Jokowi menyebut bangunan baru ini sebagai gedung perpustakaan tertinggi di dunia.

"Dulu, ini hanya tiga lantai, enggak ada yang mau datang ke sini. Sekarang 27 lantai plus satu lantai basement. Jadi enggak kaget kalau gedung ini tertinggi di dunia untuk gedung perpustakaan," ujar Jokowi, dikutip dari Kompas.

Untuk diketahui, Perpustakaan Nasional yang baru telah dilengkapi berbagai fasilitas antara lain yakni ruang teater, ruang zona promosi budaya baca, data center, ruang layanan keanggotaan perpustakaan nasional, layanan anak, lansia dan disabilitas, layanan koleksi buku langka hingga layanan multimedia.

(**)