Indonesia Lanjutkan Kerja Sama Dengan Korea Dibidang Teknologi

Indonesia Lanjutkan Kerja Sama Dengan Korea Dibidang Teknologi
 (*)
 04 Oktober 2017 16:46:54 wib
Share :
Kabar7, Jakarta - Dirjen Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional Kementerian Perindustrian Harjanto, menyampaikan Indonesia melanjutkan kerja sama dengan industri elektronika Korea Selatan AITEC Co., Ltd dalam bidang pengembangan teknologi.

Kerja sama ini sudah berlangsung sejak tahun 20006 dan akan berakhir tahun 2018. Tapi Harjanto menegaskan untuk memperpanjang kerja sama pengembangan teknologi ini karena masih dibutuhkan.

Adapun perpanjangan kerja sama sesuai dengan pengembangan usaha rintisan atau start up di Indonesia yang memiliki kandungan teknologi tinggi, namun penunjang infrastruktur teknologinya masih terbatas.

Hal tersebut disampaikan Harjanto usai melakukan kunjungan kerja ke Korea Selatan pada 25-29 September 2017, demikian dilansir dari Antaranews, Rabu (4/10/2017).

"Makanya kami juga mencari peluang dalam rangka membangun networking teknologinya. Dengan mengintegrasikan networking infra struktur teknologi yang ada, kalau ada masalah industri teknologi tinggi, yang tidak bisa kita selesaikan di sini, maka bisa diselesaikan di Korea,” ujar Harjanto.

Tak hanya dibidang teknologi, Harjanto menerangkan Indonesia juga membidik peluang kerja sama dibidang energi terbarukan dan kendaraan listrik.

Dalam bidang tersebut, Korea Selatan menargetkan Pulau Jeju menjadi wilayah tanpa emisi pertama pada 2030 dengan menggunakan kendaraan listrik dalam transportasinya.

"Kita siapkan Memorandum of Understanding (MoU). Kami juga melihat industri moulds and die yang menjadi mother of industry. Kita perlu itu untuk menciptakan produk baru. Saya coba jajaki dan ada agreement," ungkapnya.

(**)