Indonesia dan Niger Punya Tiga Kesamaan Kuat

Indonesia dan Niger Punya Tiga Kesamaan Kuat
 Presiden Republik Niger Mahamadou Issoufou menemui Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (16/10/2017) (istimewa)
 16 Oktober 2017 12:37:25 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Presiden Republik Niger Mahamadou Issoufou menemui Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (16/10/2017).

Pada pertemuan bilateral itu, Jokowi menyampaikan kepada Mahamadou Issoufou kalau Indonesia dan Niger mempunyai tiga ikatan atau kesamaan yang kuat.

"Yang Mulia, Indonesia dan Niger memiliki tiga ikatan yang kuat. Yaitu dalam persaudaraan Islam, yang kedua demokrasi dan kebebasan beragama, yang ketiga sebagai dua negara yang sedang berkembang," kata Jokowi.

Dengan tiga ikatan tersebut, Jokowi berharap antara Indonesia dan Niger dapat terus meningkatkan hubungan persaudaraan hingga kerja sama di berbagai bidang. Indonesia dan Niger baru saja memulai hubungan diplomatik sejak 6 tahun yang lalu. Dan kunjungan kenegaraan Issoufou saat ini, dinilai Jokowi merupakan bentuk komitmen Niger untuk memajukan hubungan kedua negara.

"Namun Presiden Isoofou sudah datang dan berkunjung ke Indonesia. Hal ini menunjukkan komitmen yang besar untuk memajukan hubungan bilateral kedua negara," ucap Jokowi, dikutip dari Kompas.

Turut hadir mendampingi Jokowi dalam pertemuan ini, yakni Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo.

(**)