Indonesia Berikan Bantuan 2 Juta AS Untuk Rohingya

Indonesia Berikan Bantuan 2 Juta AS Untuk Rohingya
 Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi (istimewa)
 31 Agustus 2017 15:55:08 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Laur Negeri (Kemenlu) memberikan program Bantuan Kemanusiaan untuk Komunitas yang Berkelanjutan (HASCO) kepada masyarakat negara bagian Rakhine di mana kebanyakan minoritas Rohingya berdomisili.

Bantuan ini diprakarsai Aliansi Kemanusiaan Indonesia untuk Myanmar (AKIM). Jumlah bantuan tersebut senilai 2 juta dolar AS, yang dikumpulkan dari donasi masyarakat Indonesia.

Menlu Retno Marsudi menerangkan, bantuan tersebut akan disalurkan dalam bentuk program-program sosial yang difokuskan dalam bidang pendidikan, kesehatan, mata pencaharian dan pemulihan konflik. Program dilakuka secara berkala dalam waktu dua tahun.

"Kami harapkan bantuan ini dapat berjalan secara berkelanjutan, inklusif, dan dapat memberikan pemberdayaan kepada masyarakat di Rakhine State," ujar Retno dalam peluncuran program HASCO di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis (31/8/2017).

Dana bantuan tersebut dikumpulkan oleh 11 organisasi sosial anggota AKIM. Hal ini menujukan adanya sinergi yang kuat antara LSM dengan masyarakat utnuk membantu situasi kemanusiaan di Nyanmar.

"Yang lebih membahagiakan bahwa sinergi antara pemerintah dengan LSM dan masyarakat ini tidak menggunakan basis agama tertentu. Selain LSM kemanusiaan Islam, banyak juga bantuan yang kami peroleh dari umat agama lain," tuturnya dikutip dari Antaranews.

(**)