IDI akan Periksa Dokter Yang Tangani Novanto

IDI akan Periksa Dokter Yang Tangani Novanto
 (dok. kb7)
 28 November 2017 14:32:05 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) segera melakukan pemeriksaan terhadap dokter yang menangani tersangka kasus korupsi e-KTP, Setya Novanto, saat mengalami kecelakaan.

Pemeriksaan dilakukan guna menyikapi sikap publik yang mempertanyakan sikap IDI sebagai organisasi profesi terhadap dugaan penyimpangan praktik kedokteran yang dilakukan oleh dokter yang merawat Novanto.

"IDI sebagai organisasi profesi dokter di Indonesia tetap mendorong agar seluruh dokter mengacu kepada standar prosedur oprasional yang didasarkan kepada perkembangan iptek kedokteran terbaru serta mengutamakan keselamatan pasien," kata Ketua Umum Pengurus Besar IDI, Ilham Oetama Marsis, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (28/11/2017).

Nantinya PB Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) tingkat pusat akan berkoordinasi dengan tingkat cabang agar segera memeriksa dokter terkait. Ketua MKEK Pusat Prijo Sidipratomo menegaskan, hasil pemeriksaan akan disampaikan dalam waktu dekat.

"Kami selaku organisasi profesi menjamin kepada publik bahwa pengawasan dan pembinaan praktik kedokteran oleh dokter anggota IDI terus dilakukan di tingkat cabang hingga pusat," ucapnya.

Pelanggaran yang buktikan melalui persidangan etik, lanjutnya, akan dijatuhi sanki etik sesuai dengan berarti/tidaknya pelanggaran.

(wem)