Gerindra Resmi Usung Sudirman Said Cagub Jateng

Gerindra Resmi Usung Sudirman Said Cagub Jateng
 Sudirman Said (istimewa)
 13 Desember 2017 15:06:17 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) di Jakarta, Rabu (13/12/2017) mengumumkan akan mengusung Sudirman Said sebagai bakal calon gubernur Jawa Tengah dalam gelaran Pilkada 2018.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengatakan, keputusan tersebut telah berdasarkan pembicaraan dengan tokoh ulama, masyarakat dan pengurus partai.

"Setelah mengadakan rembug, akhirnya kami putuskan untuk Jawa Tengah, Partai Gerindra akan mencalonkan saudara Sudirman Said sebagai calon gubernur," kata Prabowo di kediamannya di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (13/12).

Prabowo menceritakan keputusan itu diambil setelah terdapat dua kandidat bakal calon yang akan diusung Gerindra, yakni Waketum Ferry Juliantono dan Sudirman Said.

Partai Gerindra tidak dapat mengusung Sudirman Said sendirian tanpa dukungan partai-partai koalisi, karena Gerindra tidak memiliki cukup kursi di DPRD Provinsi Jawa Tengah.

Prabowo mengatakan untuk pemilihan calon wakil gubernur, pihaknya akan berkonsultasi dengan partai-partai koalisi yakni Partai Amanat Nasional dan Partai Keadilan Sejahtera.

"Partai-partai pengusung, yang kami sudah jalin erat, itu dengan PAN dan PKS. Mengenai kriteria wakil, kami akan terus berkonsultasi dengan partai lain," katanya, seperti dilansir laman AntaraNews.

Terkait kriteria pendamping Sudirman dalam Pilkada Jawa Tengah, Prabowo berharap hendaknya calon wakil gubernur Jawa Tengah adalah sosok yang mengutamakan kepentingan golongan.

Turut hadir dalam pengumuman tersebut sejumlah tokoh Partai Gerindra, antara lain Gubernur DKI Anies Baswedan, Rachmawati Soekarnoputri, dan Fadli Zon.

 

(**)