Ekspedisi NKRI Wujudkan Toleransi dan Keberagaman

Ekspedisi NKRI Wujudkan Toleransi dan Keberagaman
 (dok. Puspen TNI)
 25 September 2017 09:02:41 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Tim Ekspedisi NKRI Subkorwil-2/Mappi memperingati tahun baru Islam 1439 H bersama paguyuban Jawa Madura pada rabu (20/9/2017). Kegiatan yang dilaksanakan sejak pagi ini menuai antusias dari pelbagai lapisan masyarakat.

Tidak hanya umat beragama Islam tetapi masyarakat yang beragama selain Islam pun turut hadir sebagai tanda toleransi dan perduli antar sesama.

Kegiatan ini disambut hangat oleh masyarakat karena sesuai dengan tema Ekspedisi NKRI yaitu peduli masyarakat dan lestarikan alam baik pendatang maupun lokal.

Antusias masyarakat diluar perkiraan, lebih dari 300 orang hadir untuk menunjukan bahwa masyarakat menerima Tim Ekspedisi di tengah mereka.

"Pemotongan tumpeng dan tukar tumpengan pun dilakukan sebagai tanda menerima persaudaraan baru dengan para peserta dilanjutkan makan bersama di depan Poskotis Mappi sebagai wujud mempererat hubungan antar sesama," ucap Komandan Subkorwil-2/Mappi Kapten Inf Pardol menceritakan dalam keterangan tertulis, Minggu (24/9/2017).

Tak hanya itu, Tim Ekspedisi bekerjasama dengan paguyuban Jawa-Madura menampilkan pertunjukan yang tak biasa bagi kota ini. Kuda lumping, adalah seni tarian budaya asal Jawa untuk meramaikan hari besar Islam. Ini sebagai bentuk pengenalan dan pertukaran budaya dari keanekaragaman budaya Indonesia. Hal ini membuat para perantau seperti merasakan keberadaan di kota sendiri di tengah para saudara.

Persaudaraan dan kebersamaan yang terjalin antara Tim Ekspedisi NKRI dengan masyarakat Mappi baik lokal maupun pendatang semoga tetap terjalin dengan baik dimana pun berada. Doa bersama dipanjatkan untuk merefleksikan diri menuju yang lebih baik. Melihat segala hal pencapaian yang telah dilakukan sepanjang tahun.

Diharapkan melalui kegiatan ini menjadi sarana silaturahmi dan mempererat tali persaudaraan antar semua umat beragama.

Ekspedisi NKRI merupakan wujud sinergitas kementerian/lembaga, TNI/Polri, pemerintah daerah, kalangan pendidik dari perguruan tinggi, mahasiswa, para pencinta alam, organisasi kepemudaan, pramuka dan didukung masyarakat setempat yang dikoordinasikan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan untuk membangun Indonesia.

Pelaksanaan Ekspedisi NKRI 2017 dimulai tanggal 3 Agustus sampai dengan 22 November 2017. Tema yang diusung dalam Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017 ini adalah "Peduli Masyarakat dan Lestarikan Alam".

Peserta Ekspedisi NKRI di sebar dalam 5 (Lima) Subkorwil, yakni Subkorwil-1/Asmat di kab. Asmat, Subkorwil-2/Mappi di kab. Mappi, subkorwil-3/Merauke di kab. Merauke, subkorwil-4/Mindiptana di kab. Boven Digoel dan subkorwil-5/Tanah merah di kab. Boven Digoel.

(hdi)