Eks Pesepak Bola Terbaik Dunia ke Putaran Kedua Pilpres Liberia

Eks Pesepak Bola Terbaik Dunia ke Putaran Kedua Pilpres Liberia
 Mantan pemain sepak bola, George Manneh Oppong Ousman Weah (George Weah)
 13 Oktober 2017 10:23:45 wib
Share :

Kabar7, Monrovia - Mantan pemain sepak bola, George Manneh Oppong Ousman Weah (George Weah) dipastikan maju ke putaran kedua Pemilihan Presiden (Pilpres) Liberia.

Kepastian Weah, sapaan akrabnya, maju ke putaran kedua berdasarkan hitung cepat awal. Hanya saja partai-partai yang mengusung tiga kandidat lainnya menuduh adanya kecurangan dalam perhitungan suara cepat tersebut.

Tak hanya itu, para lawan George Weah di Pilpres Liberia ini juga bersumpah akan menentang hasil perhitungan suara, namun para pengamat internasional menyatakan tidak ada kecurangan dalam Pemilu ini.

Dari perhitungan awal, Weah yang pernah memperkuat klub Paris Saint-Germain (PSG) tahun 1992-1995, berhasil menduduki posisi kedua setelah kandidat calon lain yakni Wakil Presiden Joseph Boakai.

Dikutip dari Antaranews, Jumat (13/10/2017), pejabat partai Congress for Democratic Change (CDC) yang menjadi asal Weah, Mulbah Morlu, menyebarkan undangan selebrasi di luar kantor pusat parpol ini.

Sementara, manajer tim kampanye Boakai, Mohammed Ali, menyatakan kepada Reuters, bahwa pertarungan antara Boakai dengan Weah, segera berlangsung awal bulan depan.

Untuk diketahhui, Weah yang pernah menjadi penyerang AC Milan tahun 1995-2000, sebelumnya juga pernah mengikuti Pilpres Liberia pada Oktober dan November 2005.

Sayangnya, pria berkepala plontos kelahiran Monrovia, Liberia, 1 Oktober 1966, harus mengakui kekalahannya dari kandidat lain, Ellen Johnson-Sirleaf.

Sebagai informasi tambahan, Weah dulunya adalah anak yang tumbuh dari keluarga dengan 12 anak di lingkungan kumuh Monrovia. Namun berkat sepak bola, hidup Weah berubah jauh lebih baik.

Kelihaiyannya mengolah si kulit bundar membuat Waeh dapat mencicipi bermain di klub-klub besar Eropa. Selain PSG dan AC Milan seperti yang disebutkan di atas, Weah juga pernah memperkuat klub Eropa lain di antaranya, Monaco, Chelsea dan Manchester City.

Hadirnya Weah di klub-klub tersebut bukan sekedar pelengkap tim. Melainkan Weah memiliki peran penting dan kontribusi untuk klub yang dibelanya.

Sebagai bukti, Weah telah mendapatkan berbagai pengahargaan bergengsi seperti pemain terbaik dunia atau FIFA Ballon d'Or, pemain terbaik Eropa, dan pemain terbaik Afrika. Berkat prestasi itu, Weah disebut sebagai pemain sepak bola terbaik Afrika sepanjang masa.

Tapi sedihnya, selama berkarir sebagai pemain sepak bola profesional, Weah tidak pernah menyicipi berlaga diajak Piala Dunia bersama tim nasional Liberia.

(**)