Dua Holding BUMN Ditargetkan Selesai Tahun Ini

Dua Holding BUMN Ditargetkan Selesai Tahun Ini
 (*)
 20 September 2017 18:31:17 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Menteri BUMN Rini Soemarno ingin dua holding BUMN yakni tambang dan migas tuntas. Ini menjadi target Rini yang harus rampung sebelum akhir tahun 2017.

"Kami proyeksikan bisa selesai tahun ini. Dari sisi Kementerian BUMN sudah selesai, tinggal menunggu prosesnya saja. Kemungkinan holding tambang terlebih dahulu baru disusul holding migas," kata Rini di sela Indonesia Business Expo (IBDExpo) 2017, di Jakarta Convention Center, Rabu (20/9/2017).

Rini menuturkan, setelah dua holding tersebut selesai, maka BUMN akan membentuk holding lainnya seperti holding BUMN jasa keuangan, kontruksi, jalan tol serta perumahan. Pembentukan berbagai holding ini dibutuhkan kesamaan pemikiran dan persepsi.

"Perlu penyamaan persepsi karena masih ada di antara BUMN-BUMN yang pemikirannya tidak sejalan," ujarnya.

Meski demikian, Rini mengaku optimis pembentukan holding BUMN ini bisa lebih maju dalam hal kinerja karena akan memacu efisiensi bisnis dan oprasional.

"Dengan menyatukan bisnis yang mirip atau sama, banyak faktor bisnis yang bisa diefisienkan, karena tidak tumpang tindih terutama dalam pasar yang sama," ujarnya.

Rini juga memastikan, melalui holding BUMN-BUMN tersebut bisa memperbesar tingkat leverage, termasuk kapasitas produksi yang lebih besar dari sebelumnya.

"Pembiayaan pengembangan usaha tidak lagi menjadi masalah. Semakin kuat karena modal bisa semakin besar," ujarnya.

(sumber: Antaranews)