Ditanya Kontroversi Puisi Sukmawati, Ini Tanggapan Gus Mus

Ditanya Kontroversi Puisi Sukmawati, Ini Tanggapan Gus Mus
 KH Mustofa Bisri atau Gus Mus (istimewa)
 03 April 2018 20:36:38 wib
Share :

Kabar7, Rembang - Puisi 'Ibu Indonesia' karya Sukmawati Soekarnoputri menuai kontroversi. Sejumlah pihak mempersoalkannya sebagai karya bernuansa SARA. Lalu bagaimana tanggapan ulama yang juga penyair kenamaan, KH Mustofa Bisri atau akrab disapa Gus Mus?

Saat ditemui detik.com usai kegiatan Santriversitas di lingkup Ponpes Raudlatuth Thalibien, Leteh, Rembang, Gus Mus yang saat itu berjalan berdampingan dengan Bupati Rembang, Abdul Hafidz, justru melempar pertanyaan tersebut kepada Bupati.

"Saya belum dengar. Lha ini mungkin Pak Bupati sudah mendengar," jawab Gus Mus singkat menjawab wartawan, Selasa sore (3/4/2018).

Abdul Hafidz yang tak menyangka jadi sasaran Gus Mus untuk berkelit, hanya bisa tersenyum dan kemudian buru-buru meninggalkan lokasi acara.

Gus Mus dikenal sebagai sastrawan yang banyak menulis karya-karya kritis sehingga kiai kenamaan tersebut mendapat julukan penyair balsem.

Puisi Sukmawati berjudul 'Ibu Indonesia' dibacakan dalam acara 29 tahun Anne Avantie Berkarya di Indonesia Fashion Week 2018. Puisi tersebut merupakan puisi hasil tulisan tangannya sendiri.

Dalam puisi tersebut, menyinggung dan dinilai memperbandingan adzan dengan kidung dan cadar dengan tekukan rambut. Meski merupakan opini pribadi, puisi tersebut kini menjadi polemik di tengah masyarakat.

(**)