Diskriminasi Pelayanan di RS Mekar Sari Bekasi

Diskriminasi Pelayanan di RS Mekar Sari Bekasi
 Ilustrasi (istimewa)
 11 Agustus 2018 15:48:35 wib
Share :

Kabar7, Bekasi - Warga Perumahan Irigasi Danita, Kelurahan Bekasi Jaya, Bekasi Timur merasa kecewa saat datang mau berobat menggunakan Kartu Sehat (KS) yang dikeluarkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, Jawa Barat.

Pasalnya, dokter penyakit dalam di RS Mekar Sari di wilayah Kelurahan Bekasi Jaya, Bekasi Timur, khusus untuk pasien menggunakan KS dan BPJS tidak praktik pada hari Sabtu dan Minggu.

"Khusus dokter penyakit dalam untuk pasien menggunakan KS dan BPJS praktik setiap jadwal Senin sampai Jumat, kecuali untuk pasien umum berbayar ada dokternya pak," ujar petugas penerima pendaftaran pasien di RS itu kepada Kabar7 di Bekasi, Sabtu (11/8/2018).

Menurut pasien pemegang kartu KS dan BPJS yang enggan disebutkan identitasnya itu, pelayanan RS seharusnya sama terhadap pasien berbayar (umum) dan pasien KS/BPJS.

"Apakah warga mau sakit bisa memilih hari Senin sampai Jumat supaya gratis berobat?" ujarnya.

Padahal menurut peraturan BPJS Kesehatan maupun aturan KS Pemkot Bekasi, semua RS yang berdomisili di Kota Bekasi seharusnya tidak boleh melakukan diskriminasi pelayanan terhadap warga pemegang kartu kesehatan tersebut.

"Rumah sakit harusnya siap melayani warga selama 7 hari x 24 jam tanpa kecuali. Masa' hari Sabtu dan Minggu ada libur tidak melayani pasien KS/BPJS dengan alasan dokternya tidak praktik?" ujarnya.

(fir)


Berita Terkait