Daripada Bengong, Lakukan Kegiatan Seperti ini untuk Perpanjang Umur

Daripada Bengong, Lakukan Kegiatan Seperti ini untuk Perpanjang Umur
 Ilustrasi (istimewa)
 20 November 2017 15:37:21 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Sebuah studi dari School of Public Health and Health Professions, University of Buffalo, New York menemukan manfaat melakukan kegiatan sehari-hari bagi kesehatan.

Pengamatan dilakukan terhadap lebih dari 6.000 responden berusia 63-99 tahun yang dipasangi sensor khusus untuk mengukur aktivitas fisik mereka.

Ternyata, meski hanya melakukan aktivitas ringan seperti mencuci piring, melipat baju, menyapu lantai dan mengelap jendela selama setengah jam atau 30 menit, terjadi penurunan risiko kematian pada responden mencapai 12 persen.

Secara kebetulan, peneliti juga menemukan bahwa 55 persen lansia menghabiskan hari-harinya dengan melakukan kegiatan-kegiatan sederhana tersebut.

Namun bila mereka dilaporkan melakukan kegiatan berintensitas 'sedang hingga berat' seperti jalan kaki atau sepeda santai, maka risiko kematiannya bisa menurun hingga 39 persen.

"Penelitian ini menegaskan bahwa melakukan sesuatu yang ringan itu lebih baik daripada tidak melakukan apapun," tandas ketua tim peneliti, Prof Michael LaMonte seperti dikutip dari Buffalo.edu, Senin (20/11/2017).

Riset lain yang dilakukan McMaster University di Kanada juga menemukan, melakukan pekerjaan rumah tangga lima kali dalam sepekan dalam kurun 30 menit saja dapat menurunkan risiko kematian sebanyak 28 persen serta risiko penyakit jantung sebesar 20 persen.

Selain itu, makin panjang durasi aktivitasnya, maka manfaatnya pun makin besar. Ambil contoh jika durasi aktivitas harian ditotal sebanyak 750 menit dalam sepekan maka penurunan risiko kematiannya bisa mencapai 40 persen.

Peneliti berharap temuan ini akan mendorong setiap orang untuk mau bergerak, tak peduli meskipun mereka tidak memiliki akses ke pusat kebugaran atau tak punya banyak waktu, dan manfaat ini tak hanya berlaku untuk lansia saja.

 

(**)