Dana Desa Bisa Digunakan Usai Letusan Gunung Agung

Dana Desa Bisa Digunakan Usai Letusan Gunung Agung
 Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo (istimewa)
 27 November 2017 15:07:15 wib
Share :

Kabar7, Bentul - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo, menegaskan dana desa hanya dapat digunakan untuk penanganan letusan Gunung Agung di Bali. Melainkan, dana dapat digunakan setelah letusan.

"Dana desa tidak bisa menyelesaikan semuanya. Pemerintah punya banyak kementerian, ada Kementerian Sosial, Kementerian Kesehatan dan kementrian terkait lainnya yang menangani," kata Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo kepada wartawan seusai acara Rembuk Desa Nasional di Desa Panggungharjo, Sewon, Bantul, Senin (27/11/ 2017).

Katanya, dana desa bisa digunakan pemerintah desa sekitar Gunung Agung di Bali untuk memperbaiki sejumlah fasilitas desa yang rusak.

"Nanti setelah selesai, setelah recovery dana desanya kita pakai untuk membantu percepatan ekonomi di daerah-daerah yang terkena bencana tersebut. Setelah masa recovery," tegasnya, dilansir dari Detik.

Dalam kesempatan ini Eko juga mengomentari kesiapan pemdes dalam mengelola dana desa secara swakelola.

Menurutnya setiap pemdes harus siap mengelola dana desa, dan anggarannya harus benar-benar digunakan untuk membangun desa.

"Kalau (kesalahan) administrasi (perangkat desa) kami bantu, kalau korupsi tidak ada bulan madu pasti kami tangkap. Selama ini Satgas Dana Desa juga luar biasa responnya, tahun ini ada 10 ribu lebih laporan, usulan dan pertanyaan dari masyarakat," pungkasnya.

(**)