Daerah Kekeringan di Jatim Segera Dapat Air Bersih

Daerah Kekeringan di Jatim Segera Dapat Air Bersih
 ilustrasi (istimewa)
 06 September 2017 11:32:58 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Desa-desa di Jawa Timur (Jatim) yang mengalami kekeringan akan segera mendapat bantuan air bersih dari Pemerintah Provinsi Jatim.

Hal tersebut menyusul intruksi Gubernur Jatim Soekarwo untuk segera mengirim air bersih ke kota atau kabupaten yang dilanda bencana kekeringan.

"Air bersih sangat penting untuk warga dan diharapkan segera dikirim ke daerah terdampak," ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Rabu (6/9/2017).

Disebutkan Soekarwo, 422 desa di 27 kabupaten/kota mengalami kekeringan. dari jumlah tersebut sebanyak 201 desa membutuhkan air bersih.

"Yang daerahnya harus dikirimi air adalah tempat-tempat yang tidak dimungkinkan dibuatkan sumur bor, pemasangan pipa, atau yang terpencil, sedangkan untuk beberapa daerah lain masih bisa dilakukan rekayasa teknis untuk mendapat air bersih," ujar pakde Karwo, sapaan akrabnya, dikutip dari Antaranews.

Soekarwo berharap agar kepala daerah, kabupaten/kota, dapat pro-aktif menanggapi bencana kekeringan ini. Bila di wilayahnya terjadi kekeringan maka segera sampaikan surat tentang status darurat kekeringan.

Berdasarkan Surat BMKG Nomor KT.304/946/MJUD/IX/2017 tertanggal 4 September 2017, menunjukkan bulan ini merupakan puncak musim kemarau dengan akumulasi curah hujan berkisar antara 0-100 mm.

Namun Oktober mendatang, sebagaian kecil wilayah di Jatim, khususnya dibagian selatan sudah mulai memasuki musim hujan dengan curah hujan berkisar antara 0-400 mm.

(**)