Cara Mudah Lolos OTT KPK

Cara Mudah Lolos OTT KPK
 (istimewa)
 25 Oktober 2017 06:42:11 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Kabiro Humas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah, mengungkapkan cara untuk pejabat serta kepala daerah bisa meloloskan diri dari oprasi tangkap tangan (OTT). Cara tersebut mudah, yakni jangan malakukan korupsi.

"Ya, saya kira ada cara agar tidak terkena operasi tangkap tangan. Cara paling efektif adalah tidak melakukan korupsi," ujar Febri di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta, Selasa (24/10/2017).

Diketahui sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga mengungkapkan pernyataan serupa saat memberikan arahan kepala daerah se-Indonesia. Jokowi mengatakan para kepala daerah jangan takut OTT saat menggunakan APBD asal tak dikorupsi.

Febri pun menilai Presiden Jokowi selalu mendukung pihaknya dalam upaya melakukan pemberantasan korupsi. Ia sepakat dengan Jokowi agar tak perlu takut dengan OTT jika tidak melakukan korupsi.

"Presiden berulang kali mengatakan mendukung kerja pemberantasan korupsi, termasuk yang dilakukan KPK. Dikatakan OTT sebagai kinerja KPK, jadi saya kira pencegahan dapat dilakukan agar tidak terkena OTT adalah tidak melakukan korupsi," kata Febri.

Sementara itu, Presiden Jokowi dalam memberikan arahan kepada kepala daerah juga mengungkapkan rencananya membuat Peraturan Presiden (Perpres). Isi Perpres ini nantinya membuat sistem yang efeknya akan mengurangi kepala daerah terjaring OTT.

Menanggapi hal tersebut, Febri menuturkan kalau KPK itu terus mendukung pencegahan korupsi. Termasuk mendukung rencana Jokowi yang ingin membuat peraturan sebagai uapaya pencegahan kepala daerah korupsi.

Namun terlepas dari itu, KPK sebanarnya sering melakukan koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait OTT yang meringkus kepala daerah.

"Kita sudah koordinasi berapa kali dengan Kemendagri. Pencegahan korupsi akan kami support," pungkas Febri dilansir dari Detik.

(**)