BI BERI PENGHARGAAN KALANGAN PERBANKAN di SUMSEL

BI BERI PENGHARGAAN KALANGAN PERBANKAN di SUMSEL
 Ilustrasi (istimewa)
 04 Desember 2016 16:09:44 wib
Share :

Kabar7, Palembang - Bank Indonesia mengapresiasi perbankan di Sumatera Selatan yang telah menjalankan sistem pembayaran tunai dengan baik sehingga memperlancar transaksi keuangan di daerah dengan memberikan penghargaan.

Apresiasi diberikan dalam bentuk sertifikat yang diserahkan secara resmi Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah VII Hamid Ponco Wibowo dalam acara Apresiasi Sistem Pembayaran di Palembang, Minggu (4/12/2016).

Penghargaan tertinggi diberikan kepada tiga bank yakni Bank Sumsel Babel, Bank Rakyat Indonesia, dan Bank Mandiri.

Untuk kategori ketepatan dalam pemberian laporan secara triwulan diberikan kepada Bank Mandiri Cabang Baturaja, lalu kategori perbankan dengan perencanaan terbaik dalam sistem pembayaran yakni Bank Panin.

"Pemberian penghargaan ini dilakukan berdasarkan penilaian sepanjang satu tahun, yakni perbankan mana saja yang baik dalam menyelenggarakan sistem pembayarannya," kata Hamid Ponco yang dijumpai seusai acara.

Penilaian ini difokuskan pada tiga titik lokasi, karena BI memiliki sub koordinator di Prabumulih, Tanjung Pandan dan Lubuk Linggau.

"Bagaimana suatu perbankan melakukan kliringnya, bagaimana membuat perencanaan terkait keberadaan kas titipan. Semua ini menjadi bahan penilaian," kata Ponco.

Melalui apresiasi ini, BI mengharapkan kalangan perbankan semakin terpacu untuk menjalankan sistem pembayaran secara prima baik untuk menggunakan mata uang rupiah atau transaksi valuta asing.

Saat ini masyarakat membutuhkan kecepatan dan kepastian dalam transaksi keuangan. Meski gerakan nontunai sedang digalakan tapi bukan berarti kalangan perbankan melemahkam transaksi nontunai.

"Di negara semaju apapun pasti masih ada transaksi tunai. Tapi, tetap kalangan perbankan mendorong masyarakat untuk mengurangi transaksi tunai," kata dia.(dedi/ant)