Beri Untung Cukup, Seblak Makin Booming

Beri Untung Cukup, Seblak Makin Booming
 Ilustrasi (istimewa)
 14 April 2018 18:35:44 wib
Share :

Kabar7, Bogor - Usaha jualan seblak ternyata bisa memberi keuntungan yang cukup lumayan, seblak adalah salah satu jajanan khas Sunda yang kian hari semakin booming di kalangan masyarakat dari mulai anak-anak sampai orang dewasa.

Diah (48) seorang penjual seblak berbagai macam jenis menyatakan, bahwa dirinya berjualan di Kampung Parakan Mulya RT 02 RW 04 Desa Parakan, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Terdiri dari seblak kerupuk, mie kuetiauw, tahu, toge, telur dan baso," katanya saat ditemui di Bogor, Sabtu (14/4/2018).

Adapun soal harga relatif kisaran dari Rp2.000 sampai Rp5.000 per porsinya. Pembeli jajanan ini tidak hanya warga di sekitar tempat tinggalnya.

"Yang beli bukan dari sini aja tapi dari luar kampung pun banyak yang datang, bahkan sudah jadi pelanggan," ujarnya.

Menurutnya, pendapatan setiap hari berkisar dari Rp500.000 sampai Rp700.000 dan dari pendapatan tersebut bisa didapat keuntungan bersih sekitar Rp200.000 sampai Rp300.000.

"Selain menyediakan jajanan seblak juga ada jajanan seperti mie gaul, pop es dan es nutrisi yang sudah banyak dikenal di lingkungan masyarakat sekitar," kata mama Diah sapaan akrabnya.

Ia menjelaskan, bahwa dirinya sudah berjualan jajanan khas Sunda ini kurang lebih satu tahun setegah.

"Alhamdulillah, sampai saat ini belum ada yang datang atau berkunjung ke tempat saya petugas dari UKM atau dari pihak mana pun, dan modal yang digunakan pun modal sendiri," jelasnya.

Dia berharap, ke depan semoga usaha kecil yang ia lakukan tersebut minimal bisa bertahan dan bisa lebih berkembang.

Sementara itu, salah satu pembeli Renni (29) sekaligus pelanggan tetap, menjelaskan hampir setiap hari dirinya membeli jajanan tersebut walau jarak jauh tetap "dijalankeun".

"Saya berasal dari Kampung Kabandungan, jarak dari rumah ke sini kurang lebih 1 km. Namun tetap kalau beli seblak atau mie gaul, belinya ke sini karena selain rasanya enak harganya pun relatif murah," ujar Renni.

(deva)